Widiastuti, Fanny Iga Widiastuti (2023) Pengembangan media belajar berbasis video tiktok untuk siswa xii dpib smk islam 1 blitar / FANNY IGA WIDIASTUTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dimanfaatkan guru sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran secara efektif dan efisien dalam rangka membantu siswa agar lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi sangat dibutuhkan untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru dituntut harus kreatif dalam menyediakan media pembelajaran untuk siswa yang mana media pembelajaran ini dapat mendukung daya tangkap siswa dalam memahami materi yang disajikan dalam kurikulum. Salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar adalah media pembelajaran berbasis video dengan memanfaatkan kemajuan teknologi berupa platform Tiktok. Dalam pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Untuk mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran ini dilakukan uji validitas desain oleh ahli media ahli materi dan pengguna (siswa). Hasil Validitas menunjukkan 1) hasil uji validitas ahli media mendapatkan nilai dengan rata-rata persentase 94 8 % dengan kriteria validasi hasil media sangat layak 2) Hasil validasi berdasarkan ahli materi mendapatkan nilai dengan persentase 99 93% dengan kriteria validasi hasil media sangat layak 3) Hasil uji coba kelompok kecil pada peserta didik mendapatkan nilai dengan persentase 91 54% Hasil uji coba kelompok besar pada peserta didik mendapatkan nilai dengan persentase 87 81%. Dengan demikian Media Belajar Berbasis Video Tiktok Untuk Siswa XII DPIB SMK Islam 1 Blitar Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior sudah dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai bahan penunjang dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314505 |
Actions (login required)
View Item |