Wibowo, Erwin Wibowo (2023) Pemodelan kebutuhan parkir pada kantor perbankan di kota malang / ERWIN WIBOWO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bank sebagai salah satu fasilitas umum dan penggerak di bidang perekonomian mempunyai tarikan dan bangkitan transportasi yang besar. Situasi tersebut mengharuskan adanya tempat parkir yang dapat menampung kendaraan pengguna parkir baik dari pengunjung maupun karyawan. Dari survei pendahuluan beberapa Bank di Kota Malang tidak mampu menampung kendaraan yang parkir sehingga banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan. Hal ini menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan serta memperlambat laju pergerakan kendaraan sehingga dapat berpotensi menyebabkan kemacetan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pengguna parkir (pengunjung dan karyawan) mendeskripsikan karakteristik parkir dan memodelkan kebutuhan parkir pada kantor perbankan di Kota Malang. Rancangan penelitian dimulai dengan studi literatur dan identifikasi masalah pengumpulan data pra penelitian pengumpulan data primer dengan metode survei langsung menggunakan kuesioner untuk karakteristik pengguna parkir dan metode survei patroli parkir untuk karakteristik parkir sedangkan data sekunder dari instansi terkait. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk karakteristik pengguna parkir dan karakteristik parkir serta analisis regresi untuk pemodelan kebutuhan parkir. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik pengguna parkir (pengunjung dan karyawan) pada kantor perbankan di Kota Malang dominan berusia 17 ndash 25 tahun sebesar 59% untuk pengunjung dan 26 ndash 35 tahun sebesar 76% untuk karyawan berjenis kelamin perempuan sebesar 57% untuk pengunjung dan 57% untuk karyawan pendidikan terakhir SMA/Sederajat sebesar 61% untuk pengunjung dan Sarjana sebesar 98% untuk karyawan pekerjaan pengunjung Pelajar/Mahasiswa sebesar 52% dan karyawan 100% transportasi yang digunakan dominan sepeda motor sebesar 80% untuk pengunjung dan 95% untuk karyawan dengan waktu berkunjung dominan pukul 10.01 ndash 13.00 WIB sebesar 44% frekuensi kunjungan satu kali sebesar 74% jarak tempat tinggal pengunjung dominan 1 ndash 5 km sebesar 76% dan karyawan dominan 6 ndash 10 km sebesar 44% dan tujuan ke Bank dominan melakukan pembayaran sebesar 40% (2) karakteristik parkir meliputi volume parkir rata-rata sepeda motor 505 kendaraan dan mobil 156 kendaraan akumulasi maksimum sepeda motor terjadi pukul 10.45 ndash 11.00 WIB mencapai 116 kendaraan dan mobil terjadi pukul 10.45 ndash 11.00 WIB mencapai 58 kendaraan durasi parkir dominan jangka pendek 0 ndash 15 menit dengan 58 64% untuk sepeda motor dan 39 47% untuk mobil angka pergantian parkir rata-rata harian untuk sepeda motor sebesar 5 kend/SRP dan mobil sebesar 7 kend/SRP dengan indeks parkir rata-rata adalah 103 73% untuk sepeda motor dan 120 40% untuk mobil (3) Model kebutuhan parkir dipengaruhi oleh jumlah pengunjung untuk sepeda motor yaitu Y1 13 563 0 355 X2 ndash 0 0003 X22 dengan nilai R2 0 885 dan mobil yaitu Y2 16 536 ndash 0 060 X2 0 0004 X22 dengan nilai R2 0 946.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314504 |
Actions (login required)
View Item |