Ratna N, Yuli Ajeng (2013) Persepsi nasabah tentang relationship marketing dan pengaruhnya terhadap loyalitas (Studi pada nasabah Tabungan Britama di BRI Cabang Blitar) / Yuli Ajeng Ratna N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningrum YuliAjengRatna.2012.PersepsiNasabahTentangRelationshipMarketingdanPengaruhnyaterhadapLoyalitas(StudipadaNasabahTabunganBritamadiBRICabangBlitar).Skripsi JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing (I)Drs.H.GatotIsnani M.Si. (II)TitisShintaDhewi S.P. M.M. KataKunci RelationshipMarketing(Bonding Empathy Reciprocity Trust) LoyalitasNasabah. Globalisasiperekonomianduniamembuatpersaingandiberbagaibidangsemakinketat terutamapadabidangperbankan.Bankmempunyaifungsiintermediasidituntutuntuklebihmenitikberatkanpadasemuahalyangberkaitandengankemauannasabahagarterciptahubunganyangsalingmenguntungkanantarakeduanya.PendekatanalternatifyangdigunakanolehsektorperbankansepertiBRICabangBlitaradalahmelaluiRelationshipMarketingyangmenekankanpadahubunganjangkapanjangantaranasabahdanBRICabangBlitaryangpadaakhirnyadiharapkandapatmeningkatkanloyalitasnasabah. Tujuanpenelitianiniantaralainuntukmengetahui (1)Deskripsipersepsinasabahtentangrelationshipmarketing(bonding empathy reciprocity dantrust)danloyalitasnasabahpadaBRICabangBlitar (2)Pengaruhpersepsinasabahtentangbonding empathy reciprocity dantrustsecaraparsialterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar (3)Pengaruhpersepsinasabahtentangbonding empathy reciprocity dantrustsecarasimultanterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar dan(4)DimensirelationshipmarketingyangdominanpengaruhnyaterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar. Penelitianinitermasukdalampenelitianasosiatif.PopulasidalampenelitianiniadalahnasabahtabunganBritamadiBRICabangBlitardalamkurunwaktu5tahunterakhiryaitutahun2007-2011yangberjumlah492.432nasabah.PenentuanjumlahsampelmenggunakanrumusIsaacdanMichaeldenganpersenkelonggaranketidaktelitian10% sehinggadiperolehjumlahsampelsebesar285responden.TeknikpenentuansampelmenggunakanAccidentalSamplingdenganmenggunakankuesionersebagaiinstrumenpenelitian.KuesionerdalampenelitianinitermasukdalamkuesionertertutupmenggunakanskalaLikertdengan5alternatifpilihanjawaban antaralain untukjawaban sangatsetuju mempunyaiskor5 untukjawaban setuju mempunyaiskor4 untukjawaban cukupsetuju mempunyaiskor3 untukjawaban tidaksetuju mempunyaiskor2 danuntukjawaban sangattidaksetuju mempunyaiskor 1. Untukmengujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanreliabilitasterhadap30nasabahTabunganBritamaBRICabangBlitar.ProsespengolahandatamenggunakansoftwareSPSS16forWindows. Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa (1)Padadimensibonding respondenyangmenjawabsetujuterhadappengaruhbondingmendudukiperingkattertinggiyaitusebanyak128responden(45%) (2)Padadimensiempathy respondenyangmenjawabsetujuterhadappengaruhempathymendudukiperingkattertinggiyaitusebanyak137responden(48%) (3)Padadimensireciprocity respondenyangmenjawabsetujuterhadappengaruhreciprocitymendudukiperingkattertinggiyaitusebanyak130responden(45%). (4)Padadimensi trust respondenyangmenjawabsetujuterhadappengaruhtrustmendudukiperingkattertinggiyaitusebanyak130responden(46%) (5)Padavariabelloyalitasnasabah respondenyangmenjawabsetujumendudukiperingkattertinggiyaitusebanyak140responden(49%). Hasilanalisisinferensialmenunjukkanbahwa (1)Terdapatpengaruhpositifdansignifikanpersepsinasabahtentangempathy reciprocity dantrustsecaraparsialterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar sedangkandimensibondingtidakberpengaruh (2)Terdapatpengaruhpositifdansignifikanpersepsinasabahtentangrelationshipmarketing(bonding empathy reciprocity dantrust)secarasimultanterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar (3)DimensiyangdominanpengaruhnyaterhadaployalitasnasabahdalampenelitianiniadalahtrustdengannilaiSumbanganEfektif(SE)sebesar33 3%.Selainitu diketahuipulaAdjustedRSquaresebesar0 476.Artinya bahwa47 6% bahwahubungandimensibonding(X1) empathy(X2) reciprocity(X3) dantrust(X4)secarabersama-samamempengaruhiloyalitasnasabahdiBRICabangBlitarsebesar47 6% sedangkansisanyasebesar52 4%dipengaruhiolehfaktor-faktorlainyangtidakditelitidalampenelitianini. Kesimpulandaripenelitianiniadalah (1)Relationshipmarketingberupabonding empathy reciprocity dantrustdinilaibaikolehnasabahBRICabangBlitar (2)Terdapatpengaruhpositifdansignifikanpersepsinasabahtentangempathy reciprocity dantrustsecaraparsialterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar sedangkandimensibondingtidakberpengaruh (3)Terdapatpengaruhpositifdansignifikanpersepsinasabahtentangrelationshipmarketing(bonding empathy reciprocity dantrust)secarasimultanterhadaployalitasnasabahpadaBRICabangBlitar (4)Jikadibandingkandengandimensibonding empathy danreciprocity dimensitrustmemilikipengaruhyangdominanterhadaployalitasnasabahdiBRICabangBlitar. Saranyangdapatdiberikanadalah (1)BRICabangBlitarharuslebihinovatifdalamstrategimemperolehmaupunmempertahankannasabahyangloyalmelaluipeningkatanbrandimage bahwaBRIadalahbankBUMNyangterpercayakeamanannyadenganresikokolapsyangrendah (2)Karenarelationshipmarketingdalampenelitianinihanyaberpengaruh47 5%dansisanyadipengaruhiolehvariabellain makadiharapkanpenelitiselanjutnyauntukmenelitivariabelselainrelationshipmarketing misalnyabrandimage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31441 |
Actions (login required)
View Item |