Widyatmoko, Sandy Irfan Widyatmoko (2024) Peningkatan hasil belajar siswa dan kerja sama peserta didik kelas x to pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) di smk muhammadiyah 3 singosar / Sandy Irfan Widyatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif kelas X jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun ajaran 2023/2023 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi serta tes. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik pada materi yang digunakan kemudian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan siklus yang berkelanjutan serta pada akhir setiap siklus akan diakhiri dengan melakukan posttest pada siklus I dan melakukan tes melakukan pengukuran pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif pada kelas X Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Pada saat pra siklus nilai rata-rata sebesar 65.4 pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 85.4 kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 87.4. Kemudian kerjasama antar peserta didik pada saat melakukan tindakan pra siklus sebesar 69.4% pada siklus I mendapatkan hasil 78 9%. Dilanjut pada siklus II mendapatkan hasil menjadi 80 58%. Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga kerjasama antar peserta didik dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada peserta didik dan juga meningkatnya persentase kerjasama peserta didik pada setiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |