Rozaqi, Muhammad Syiva Thoriq Rozaqi (2024) Pengembangan e-modul interaktif sistem bahan bakar jenis common rail untuk siswa kelas xi tab pada mata pelajaran engine unit alat berat di smkn 6 malang / Muhammad Syiva Thoriq Rozaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di SMKN 6 Malang dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan masih menggunakan Modul konvensional kurangnya variasi dalam kegiatan pembelajaran dapat membuat siswa kehilangan minat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif terutama dalam menjelaskan konsep-konsep teknis tersebut secara visual dan interaktif. Salah satu opsi media yang menarik adalah pembelajaran interaktif melalui modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan E-Modul Common Rail Fuel System untuk siswa kelas XI Teknik Alat Berat di SMK Negeri 6 Malang 2) Mengetahui kelayakan konten materi yang ada pada modul 3) Mengetahui kelayakan format media yang disajikan pada modul. E-modul interaktif ini disusun dan dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan Borg and Gall versi Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu 1) Analisis kebutuhan produk 2) Mengembangkan prototype atau produk awal 3) Validasi oleh ahli 4) Uji coba skala kecil amp revisi 5) Uji coba skala besar amp final produk. Penelitian Research and Development ini 1) Menghasilkan E-Modul Common Rail Fuel System untuk siswa kelas XI Teknik Alat Berat di SMKN 6 Malang 2) Mengetahui kelayakan konten materi yang dibawakan pada modul 3) Mengetahui apakah format media modul yang dikembangkan telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Modul ini berisi materi dan teori pembelajaran sistem bahan bakar common rail yang mencakup tujuan dan prinsip-prinsip pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan E-Modul common rail fuel system untuk siswa kelas 11 TAB di SMK Negeri 6 Malang. Hasil penelitian juga menunjukkan e-modul common rail fuel system telah diuji dan layak digunakan dalam proses kegiatan belajar siswa. Hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 93 75% dan memenuhi kategori ldquo sangat layak rdquo sedangkan hasil penilaian oleh ahli media sebesar 90 78% yang dikategorikan ldquo sangat layak rdquo dan dari uji coba kelayakan e-modul oleh 25 siswa mendapat presentase sebesar 79 7% (sangat layak). Secara keseluruhan e-modul common rail fuel system memperoleh presentase sebesar 88 07% dari penilaian ahli media ahli materi dan uji coba siswa. Beberapa saran yang dapat diberikan berdasarkan kesimpulan produk yang telah dibuat 1) Pengguna modul diharapkan dapat memiliki perangkat masing masing dan jaringan yang memadai sehingga dapat mengakses dan mempelajari modul dengan lebih baik 2) Sebelum mengakses dan mempelajari modul pengguna diharapkan untuk membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan dan petunjuk belajar pada modul untuk mempermudah pengguna dalam mengeksplor dan mempelajari modul 3) E-Modul ini diharapkan dapat dikembangkan lagi ketingkat yang lebih baik dengan bantuan program dengan fitur yang lebih canggih. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kelemahan yang ada dan membuat akses pengguna lebih mudah 4) Pendidik dapat menambahkan materi dan video pembelajaran terkait perawatan komponen pada common rail fuel system.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |