Arayo, M. Topaz Daffa (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe students teams-achievement division (stad) untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi pemeliharaan mesin kendaraan ringan (pmkr) siswa kelas xii tkr smkn 11 malang / M. Topaz Daffa Arayo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan 1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi PMKR siswa XII TKR SMKN 11 Malang 2) hasil belajar siswa setelah siklus pertama 3) hasil belajar siswa siklus kedua 4) serta apakah target penelitian tindakan kelas terpenuhi sebagaimana yang diharapkan. Dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai pendekatan pada penelitian ini. Objek penelitian yaitu siswa kelas XII TKR 1 dengan jumlah 30 orang. Dalam siklus 1 ditemukan hasil yaitu rata - rata nilai hasil belajar siswa masih dibawah target penelitian dimana didapat 71 66 dari KKM 85 00 dan ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 53 3%. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah seperti kurangnya adaptasi serta pemahaman peserta didik pada model pembelajaran STAD dan kurangnya efisiensi pada pembelajaran berkelompok. Namun setelah dilakukan refleksi dan perbaikan yaitu penguatan motivasi belajar pendampingan kelompok penyesuaian anggota kelompok dan penguatan pemahaman melalui diskusi tanya jawab pada siklus 2 rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 89 74 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 86 6% memenuhi target minimal penelitian. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dihentikan pada siklus 2 dikarenakan indikator kuantitatif serta kualitatif penelitian telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:06 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |