Pelaksanaan bauran promosi pada Biro Perjalanan Parikesit Tour & Travel Malang / Agus Iswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan bauran promosi pada Biro Perjalanan Parikesit Tour & Travel Malang / Agus Iswanto

Iswanto, Agus (2013) Pelaksanaan bauran promosi pada Biro Perjalanan Parikesit Tour & Travel Malang / Agus Iswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iswanto Agus. 2013. Pelaksanaan Bauran Promosi Pada Biro Perjalanan Parikesit tour travel Malang . Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Ludi Wishnu W. S.T. S.E. S.Pd M.M Kata kunci Bauran Promosi Biro Perjalanan Parikesit tour travel Malang Seiring dengan pekembangan zaman dimana persaingan dalam dunia bisnis industri pariwisata yang semakin ketat dan kompetitif hal ini mengakibatkan perusahaan terus berusaha agar tetap dapat bertahan didunia bisnisnnya. Pada situasi seperti ini peran pamasaran sangat penting bagi perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam konsep pemasaran perusahaan tidak cukup hanya dengan memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan bermutu tetapi hal penting yang harus dilakukan perusahaan adalah bagaimana mengkomunikasikan produknya agar diketahui dan menarik minat konsumen untuk membelinya maka Biro Perjalanan Parikesit tour travel Malang melaksanakan bauran promosi untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan bauran promosi (Iklan Penjualan Personal Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat) pada Biro Perjalanan Parikesit tour travel Malang. (2) Masalah-masalah apa yang dihadapi biro perjalanan Parikesit tour travel Malang dalam melakukan bauran promosi. (3) Tindakan apa yang dilakukan biro perjalanan Parikesit tour travel Malang memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif karena data yang diperoleh diolah dan disajikan dalam bentuk kata-kata. Pemaparan hasil penelitian digunakan untuk menjelaskan masalah yang diteliti. Data yang dipaparkan adalah hasil dari wawancara dan observasi yang berasal dari pemilik dan konsumen yang telah memakai jasa biro perjalanan Parikesit tour travel Malang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bauran promosi yang dilakukan di biro perjalanan Parikesit tour travel Malang adalah periklanan melalui media cetak yaitu dengan penyebaran brosur melakukan presentasi-presentasi ke sekolah kampus dan instansi pemerintahan. Berikutnya adalah memberikan sponsor untuk acara yang diadakan oleh sekolah kampus dan Instansi pemerintah. Strategi tersebut dilakukan dengan waktu yang terjadwal dan tidak terjadwal. Strategi yang terjadwal adalah penyebaran brosur sedangkan strategi yang tidak terjadwal antara lain penjualan personal pemasaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh biro perjalanan Parikesit tour travel Malang antara lain Periklanan dengan penyebaran brosur dan website Penjualan personal dengan menggunakan tenaga marketing ( salesman ) Pemasaran langsung dengan memberikan sponsor-sponsor acara yang ada dimasyarakat Hubungan masyarakat dengan melakukan presentasi-presentasi ke sekolah kampus dan Instansi pemerintahan. (2) Bentuk permasalahan pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan biro perjalanan Parikesit tour travel Malang kurang tepatnya dalam penyebaran brosur yang dilakukan oleh tenaga marketing sehingga masyarakat kurang begitu tahu tentang Parikesit tour travel Malang dan juga brosur sering menjadi kertas sampah. Kurang mengertinya tenaga marketing tentang produkproduk jasa yang ada di Parikesit tour travel malang dalam menjelaskan kepada calon konsumen sehingga konsumen banyak yang kurang mengerti tentang produkproduk jasa yang ditawarkan oleh tenaga marketing. Susahnya mencari lahan marketing baru karena kurangnya informasi yang masuk dari tenaga marketing ke kantor Parikesit tour travel Malang karena tugas yang diberikan terlalu sedikit.(3) Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pihak biro perjalanan Parikesit tour travel Malang menambah frekwensi penyebaran brosur menambah tenaga marketing baru memberikan tugas yang lebih lagi kepada tenaga marketing untuk memperoleh informasi lahan marketing baru menjadi sponsor acara yang diadakan oleh masyarakat sekolah dan kampus sehingga bisa lebih dekat dengan calon konsumen. Saran (1) Biro perjalanan Parikesit tour travel Malang sebaiknya mencari tenaga marketing yang lebih berpengalaman dibiro perjalanan wisata dan menyeleksi lebih ketat lagi setiap ada tenaga marketing yang akan masuk dan memberikan insentif yang besar terhadap tenaga marketing yang berprestasi. (2) Membuat anak cabang perusahaan dikota-kota lain untuk memperoleh lahan marketing yang baru sehingga bisa menambah pemasukan perusahaan. Dapat menggunakan atau memilih media lain seperti radio dan surat kabar sehingga masyarakat bisa mendengar dan melihat gambar yang ada disurat kabar dengan desain yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca. (3) Memberikan banyak potongan harga atau diskon terhadap produk-produk jasa yang ada di Parikesit tour travel Malang yang bisa disebut dengan promosi penjualan untuk menarik calon konsumen terhadap produkproduk jasa yang ditawarkan. Lebih banyak lagi ikut berpartisipasi lagi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat sekolah dan kampus untuk menjadi sponsor terhadap acara-acara yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item View Item