Musabikhi, Syahrul (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar pemeliharaan chasis sepeda motor siswa kelas xi tsm di smkn 2 pasuruan / Syahrul Musabikhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada kompetensi Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor kelas XI SMK Negeri 2 Pasuruan. Hasil belajar dalam pembelajaran sangatlah penting karena keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilihat hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa atau seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. Siswa berusaha mendapatkan hasil belajar yang terbaik untuk mencapai prestasi yang baik pula. Jigsaw adalah suatu struktur multifungsi struktur kerjasama belajar. Jigsaw dapat digunakan dalam beberapa hal untuk mencapai berbagai tujuan tetapi terutama digunakan untuk persentasi dan mendapatkan materi baru struktur ini menciptakan saling ketergantungan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat perencanaan pelaksanaan dan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI TSM SMK Negeri 2 Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 peserta didik. Target penelitian ini adalah Siswa memahami jenis-jenis suspensi dan rem sepeda motor Siswa memahami komponen-komponen suspensi dan rem sepeda motor Hasil belajar siswa mencapai target sesuai dengan KKM yang ada yaitu 75. Target kenaikan nilai yang harus dicapai sesuai dengan KKM yaitu 75 agar penelitian ini terpenuhi. Penelitian ini dihentikan hingga mencapai target yang ditentukan. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor yaitu mampu meningkatkan hasil belajar selain itu siswa di didik untuk melakukan diskusi kelompok yang mana melatih keberanian dalam menyampaikan pendapat dan kerjasama yang baik di dalam memecahkan masalah pelajaran Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor yang sedang dihadapi kelompoknya. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilaksanakan dengan mengimplementasikan model pembelajaran tipe Jigsaw terjadi peningkatan setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil belajar sebelum penelitian nilai rata-rata sebesar 55 dengan presentase ketuntasan 39 2% siklus I nilai rata-rata sebesar 71 4 dengan presentase ketuntasan sebesar 51 4% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 83 dengan presentase ketuntasan 77 4%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TSM SMK Negeri 2 Pasuruan. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penelitian dapat dihentikan karena sudah mencapai target yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:12 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314237 |
Actions (login required)
View Item |