Santoso, Febriyanto Nauval Putra Santoso (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis canva for education terintregasi qr-code pada materi komponen dan sensor utama sistem efi prodi pendidikan teknik otomotif universitas negeri malang / Febriyanto Nauval Putra Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santoso F. N. Putra. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva For Education Terintregasi Qr-Code Pada Materi Komponen dan Sensor Utama Sistem EFI Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Skripsi. Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarli M. Pd. M. T. (2) Fuad Indra Kusuma S.Pd M.Pd. Kata Kunci Canva for Education QR Code Komponen dan Sensor Utama Sistem EFI Media Pembelajaran. Antusiasme siswa dalam belajar juga dapat dipupuk melalui penggunaan media pembelajaran sebagai alat atau media komunikasi antara guru dan siswa. meningkatkan hasil belajar dan lebih bersifat interaktif. Dalam media pembelajaran perlu adanya inovasi terutama inovasi penggunaan media pembelajaran. Inovasi yang dilakukan salah satunya adalah inovasi untuk menciptakan multimedia pada proses pembelajaran yang interaktif yang memiliki tujuan menciptakan kriteria sesuai fungsi menyampaikan pesan dan mempunyai daya interaktivitas kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi media pembelajaran berbasis Canva for Education terintregasi QR Code pada materi komponen dan sensor utama sistem EFI untuk mengetahui kelayakan teknologi dan mengetahui pendapat mahasiswa terhadap teknologi learning media berbasis Canva for Education terintregasi QR Code pada materi komponen dan sensor utama sistem EFI. Pengembangan media pembelajaran ini mengadopsi model ADDIE dimana terdiri dari 5 tahapan (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Akan tetapi pada tahap Evaluation tidak dilaksanakan. Kegiatan penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis Canva for Education terintregasi QR code. Hasil validasi media pembelajaran berbasis Canva For Education terintregasi QR code mendapatkan nilai persentase sebesar 67 1% dengan kriteria ldquo layak rdquo untuk ahli media lalu mendapatkan nilai presentase sebesar 64 2% dengan pada kriteria ldquo cukup layak rdquo untuk ahli materi. Untuk hasil uji coba yang telah diterapkan terhadap 25 mahasiswa offering B1 Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang mendapat respon psitif dengan presentase sebesar 84 2% dengan kriteria ldquo sangat menarik rdquo dan secara keseluruhan rata-rata pemahaman mahasiswa terhadap materi ldquo Komponen dan Sensor Utama Sistem EFI rdquo adalah sebesar 80 36 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman kompetensi mahasiswa dalam materi komponen dan sensor utama system EFI termasuk ke dalam kriteria ldquo cukup baik rdquo telah memenuhi nilai ge 75.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |