Analisis faktor atmosfer toko pada Ratu Swalayan Gajahmada Malang / Iin Rosalia Suwito - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor atmosfer toko pada Ratu Swalayan Gajahmada Malang / Iin Rosalia Suwito

Suwito, Iin Rosalia (2013) Analisis faktor atmosfer toko pada Ratu Swalayan Gajahmada Malang / Iin Rosalia Suwito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Atmosfer Toko Store Exterior General Interior Store Layout Interior Display. Semakin banyak bisnis ritel yang berkembang saat ini membuat pelaku usaha harus lebih kreatif dalam menarik minat konsumen. Salah satu cara yang tepat adalah menciptakan atmosfer toko yang menarik konsumen sehingga konsumen berminat dan betah berlama-lama dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas indikator dalam variabel atmosfer toko dan melihat apakah tiap variabel telah dipertimbangkan oleh Ratu Swalayan Gajahmada Malang. Penelitian ini dilakukan di Ratu Swalayan Gajahmada Malang pada bulan November 2012 sampai Maret 2013. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor konfirmatori. Analisis konfirmatori berguna untuk mencari indikator pada suatu variabel yang sudah terbentuk dengan berdasar pada teori yang sudah ada. Jenis populasi dalam penelitian ini adalah infinite population dimana jumlah populasi tidak diketahui pasti. Penentuan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis accidental sampling dengan penentuan sampel secara kebetulan bertemu namun tetap dengan syarat yang sesuai dengan objek penelitian. Peneliti menentukan sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa variabel Store Exterior General Interior Store Layout dan Interior Display terdapat di Ratu Swalayan Gajahmada Malang. Pada faktor Store Exterior (X1) indikator yang dipertimbangkan adalah ukuran gedung yang memberi kesan luas dan tinggi dengan besar prosentase 73 3%. Pada variabel General Interior (X2) indikator yang dipertimbangkan adalah pemilihan warna tembok yang memberi kesan bersih dengan besar prosentase 64 7%. Pada variabel Store Layout (X3) indikator yang dipertimbangkan adalah pengaturan antar rak baik dan memudahkan dalam bergerak dengan besar prosentase 84 3%. Variabel Interior Display (X4) memiliki indikator yaitu pemajangan poster iklan barang menarik dengan besar prosentase 78 7%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan pada Ratu Swalayan Gajahmada Malang agar hasil penelitian digunakan sebagai bahan evaluasi dengan melihat faktor-faktor yang paling dominan sehingga dapat menciptakan atmosfer toko yang tepat. Misalnya dengan meningkatkan kualitas indikator tertinggi agar konsumen betah berbelanja di Ratu Swalayan Gajahmada Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item