Pengaruh model pembelajaran collaborative learning dan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas keaktifan proses dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran pkkr kelas xii tkro di smk brantas karangkates / Muhammad Azhar Affandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran collaborative learning dan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas keaktifan proses dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran pkkr kelas xii tkro di smk brantas karangkates / Muhammad Azhar Affandi

Affandi, Muhammad Azhar (2024) Pengaruh model pembelajaran collaborative learning dan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas keaktifan proses dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran pkkr kelas xii tkro di smk brantas karangkates / Muhammad Azhar Affandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Affandi Muhammad Azhar. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran collaborative Learning dan Pemanfaatan Media Trainer Kelistrikan Terhadap Kualitas Keaktifan Proses dan Hasil Pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKKR Kelas 12 di SMK Brantas Karangkates. Skripsi Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bapak Dr. Amat Nyoto M.Pd (2) Bapak M. Ihwanudin S.Pd M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran collaborative learning dan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas keaktifan proses dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKKR kelas XII TKRO di SMK Brantas Karangkates.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi experiment.Subjek penelitian siswa kelas XII TKRO 1 dan 5 semester gasal tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 60 siswa. Penelitian dilakukan dalam 3 pertemuan dengan dilakukan post-test dan observasi pada tahap awal dan akhir. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi tes hasil belajar dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Collaborative Learning terhadap kualitas keaktifan proses belajar mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Brantas Karangkates diperoleh nilai sig.(2 tailed) yaitu 0 91 gt 0 05 maka Ho diterima dan Ha ditolak atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Collaborative Learning terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Brantas Karangkates diperoleh nilai sig 2 tailed atau signifikansi yaitu 0 353 gt 0 05 maka Ho diterima dan Ha ditolak atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas proses belajar mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Brantas Karangkates diperoleh nilai sig.(2 tailed) yaitu 0 00 lt 0 05 maka Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media trainer kelistrikan terhadap kualitas proses belajar mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Brantas Karangkates diperoleh nilai sig.(2 tailed) yaitu 0 00 lt 0 05 maka Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 02:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314227

Actions (login required)

View Item View Item