Safitri, Resma Wijayati (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis video augmented reality guna meningkatkan hasil belajar materi sistem rem siswa Kelas x kompetensi teknik kendaraan ringan pada mata pelajaran sasis di SMK pekerjaan umum Malang / Resma Wijayati Safitri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Safitri Resma Wijayati. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Augmented Reality Guna Meningkatkan Hasil Belajar Maateri Sistem Rem Siswa Kelas X Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sasis Di SMK Pekerjaan Umum Malang. Skripsi Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (2) Erwin Komara Mindarta S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Augmented Reality Hasil Belajar. Pemanfaatan media pembelajaran khususnya video berbasis augmented reality dengan karakter avatar memiliki relevansi yang tinggi dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dianggap sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan kualitas penyampaian informasi dari pendidik kepada peserta didik. Strategi ini dapat menjadi opsi alternatif yang efisien untuk memberikan dorongan kepada peserta didik di SMK Pekerjaan Umum Malang agar mencapai hasil belajar yang efisien dan efektif. Bagi peserta didik kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan materi ini menjadi sangat krusial karena terkait dengan pelaksanaan praktik kerja industri (PRAKERIN) dan peluang besar di dunia usaha dan industri DU/DI. Oleh karena itu persiapan yang matang diperlukan untuk menguasai kompetensi Sistem Sasis. Meskipun terdapat beberapa hambatan yang diidentifikasi dalam studi kepustakaan dan penelitian empiris penggunaan media ini memiliki potensi untuk mengatasi tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mandiri yang dapat diakses secara fleksibel melalui video berbasis augmented reality yang dibuat dengan aplikasi Reality. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut dan mendapatkan tanggapan dari peserta didik. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang berharga dan memberikan bekal kepada peserta didik untuk lebih mendalam dalam memahami materi Rem Non ABS dan Rem ABS pada kendaraan roda empat.Pengembangan media pembelajaran berbasis video augmented reality dengan karakter avatar dalam penelitian ini mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima fase (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Hasil kegiatan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk video pembelajaran berbasis video augmented reality yang dilengkapi dengan aplikasi scanner dan modul. Seluruh produk dari penelitian ini dapat diakses melalui kanal YouTube Funoto.edu1. Validasi media pembelajaran ini menunjukkan nilai sebesar 93 33% dari ahli materi dan 96 36% dari ahli media menempatkannya dalam kategori sangat layak sebagai media pembelajaran untuk peserta didik. Uji coba terhadap 15 peserta didik kelas X TKR di SMK Pekerjaan Umum Malang menghasilkan respon positif sebesar 90% menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video augmented reality mendapatkan tanggapan positif dari siswa dan memenuhi kriteria minimal yaitu ge 65%. Pemahaman siswa dengan rata-rata nilai 92 93 dikategorikan baik dan seluruh 15 siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran karena mencapai nilai ge 75%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314205 |
Actions (login required)
View Item |