Pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen sepeda motor merek yamaha (study pada konsumen pengguna sepeda motor yamaha di Wlingi) / Dewi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen sepeda motor merek yamaha (study pada konsumen pengguna sepeda motor yamaha di Wlingi) / Dewi Kurniawati

Kurniawati, Dewi (2013) Pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen sepeda motor merek yamaha (study pada konsumen pengguna sepeda motor yamaha di Wlingi) / Dewi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci brand image loyalitas konsumen 12288 12288 12288 Era globalisasi seperti sekarang ini yang ditandai dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan teknologi disegala bidang telah memunculkan persaingan di dalam dunia usaha. Setiap perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif dalam menghadapi para pesaing. Salah satunya adalah produsen harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetitif dalam mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan membentuk brand image yang baik dimata konsumen. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan variabel-variabel Brand imageterhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini mempuyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel yaitu asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) dan keunikan asosiasi merek (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas konsumen. 12288 12288 12288 Populasi penelitian ini tergolong finite yaitu populasi yang diketahui dengan pasti jumlahnya. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random samplingdengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan koesioner dan analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.0 For Windows. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Brand Image(yang terdiri dari asosiasi kekuatan dan keunikan asosiasi merek)secara partial terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha di WlingiSehingga dapat disimpulkan bahwa semakin efektif hubungan antar variabel-variabel Brand Image maka akan semakin tinggi loyalitas konsumen sepeda motor merek Yamaha di Wlingi. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Brand Image(yang terdiri dari asosiasi kekuatan dan keunikan asosiasi merek) secara simultan terhadap loyalias konsumen sepeda motor Yamaha di WlingiSehingga dapat disimpulkan bahwa semakin melekat dan semakin efektif hubungan antar variabel-variabel Brand Image maka akan semakin tinggi loyalitas konsumen sepeda motor merk Yamaha di Wlingi. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur brand imagekhususnya variabel Keunikan asosiasi merek mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus mempertahankan keunggulan teknologi dari sepeda motor Yamaha sehingga membuat konsumen tertarik dengan sepeda motor tersebut. 12288 12288 12288 Semakin ketat persaingan dalam bidang yang sama maka produsen tetap menjaga konsistensi merek dan kepercayaan konsumen terhadap merek Yamaha. Oleh karena itu perusahaan agar tetap melakukan riset dan menciptakan variasi terhadap produknya. Sehingga diharapkan Brand Image sepeda motor merek Yamaha akan melekat dibenak konsumen.Untuk menjaga eksistensi Brand Image sebaiknya sepeda motor merek Yamaha selalu mempertahankan keberagaman produk agar konsumen tetap loyal terhadap merek Yamaha. Dalam hal ini diperlukan adanya suatu monitoring terhadap pencarian segmen pasar yang baru sebagai salah satu cara mencari pelanggan potensial. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur brand image khususnya asosiasi merek hanya memberikan kontribusi yang kecil terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu perusahaan untuk lebih melibatkan konsumen dalam mengenalkan asosiasi organisasi dari Yamaha.Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitiannya diluar penelitian brand image yang berhubungan dengan loyalitas konsumen agar lebih memberikan variasi terhadap hasil penelitiannya. Peneliti selanjutnya hendaknya lebih memperbaiki atau mengidentifikasi responden berdasarkan kontribusi paling besar dalam memutuskan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item