Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Dedy Triono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Dedy Triono

Triono, Dedy (2009) Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Dedy Triono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi kerja guru adalah faktor penting dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu para guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerjanya untuk melaksanakan tugas yang dibebankan kepada mereka sehingga dapat meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran. Namun demikian motivasi kerja guru tidak hanya bersumber secara eksternal dari kepala sekolah ataupun lingkungan akan tetapi secara internal motivasi kerja guru dapat bersumber dari guru itu sendiri. Kinerja guru harus menjadi perhatian kepala sekolah sebagai pimpinan organisasi karena tinggi rendahnya kinerja guru dapat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Sejalan dengan itu kinerja guru dapat meningkat melalui pengaruh atau dorongan pimpinan atau kepala sekolah serta faktor lainnya yang ditentukan secara utuh oleh kemampuan personal guru Seorang guru sebagai pemegang peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan dituntut memiliki keahlian kemampuan serta kinerja yang tinggi terhadap tugas yang diembannya akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan sekitar 30 % yang layak mengajar di kelas dan sebaliknya tidak layak. Sejalan dengan itu berdasarkan kenyataan nilai rapor dan evaluasi belajar tahap akhir (Ebta) cenderung lebih tinggi dari nilai hasil Ujian Akhir Nasional (UAN). Hal ini berdasarkan studi pendahuluan dengan kepala sekolah SMAN di Kecamatan Jombang. Oleh karena itu sesuai dengan hasil studi pendahuluan melalui survey atau pengamatan ada beberapa hal yang menarik untuk dilakukan penelitian. Pertama ditinjau dari kondisi geografis yaitu Kecamatan Jombang merupakan salah satu kecamatan yang terletak di pusat kota yang menjadi barometer kemajuan pembangunan pada umumnya dan pembangunan pendidikan pada khususnya. Kedua harapan dan ketergantungan orang tua terhadap guru mengenai keberhasilan belajar anak mereka. Ketiga kondisi mutu pendidikan SMAN di Kecamatan Jombang cenderung menurun. Hal ini mengisyaratkan pentingnya peranan sebuah motivasi terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu sekolah karena dengan tingginya motivasi dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi kerja guru SMAN di Kecamatan Jombang kemudian untuk mengetahui tingkat kinerja guru SMAN di Kecamatan Jombang serta untuk mengetahui signifikansi hubungan tingkat motivasi kerja guru dan kinerja guru SMAN di Kecamatan Jombang. Subjek penelitian ini adalah guru SMAN di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang lokasi penelitian di SMAN di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menetapkan hubungan antara variabel bebas motivasi kerja guru (X) dengan variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Populasi dan sampel penelitian ini adalah para guru SMAN di Kecamatan Jombang yang terdiri dari tiga SMAN yang berjumlah 180 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk mengukur validitas data menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS for Windows versi 12.0 dan menggunakan uji reliabilitas SPSS for Windows Release 12 0 dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi tingkat motivasi kerja guru dan kinerja guru SMAN di Kecamatan Jombang adalah sangat tinggi serta terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) bagi guru hendaknya mempertahankan motivasi dan kinerjanya yang sudah tinggi (2) bagi kepala sekolah hendaknya memperhatikan tanggung jawab para guru terhadap tugasnya sebagai tenaga pendidik untuk meningkatkan motivasi kerja guru serta memperhatikan indikator kesempatan untuk tumbuh untuk guru karena merupakan indikator paling rendah dari faktor pemelihara motivasi (3) bagi sekolah lain hendaknya meningkatkan dan memelihara motivasi para guru agar dapat meningkatkan kinerjanya (4) bagi Depdiknas hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi pengembangan kinerja guru bagi Depdinas (5) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya berusaha mengembangkan dan menekankan pentingnya mata kuliah manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja khususnya motivasi kerja (6) bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan acuan peneliti lain yang berniat mengembangkan dan memperluas baik variabel maupun populasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item