Perbedaan hasil belajar kompetensi memahami klasifikasi engine antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan model pembelajaran tipe tps siswa kls x di smk manbail futuh tuban / Aufal Marom - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kompetensi memahami klasifikasi engine antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan model pembelajaran tipe tps siswa kls x di smk manbail futuh tuban / Aufal Marom

Marom, Aufal Marom (2023) Perbedaan hasil belajar kompetensi memahami klasifikasi engine antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan model pembelajaran tipe tps siswa kls x di smk manbail futuh tuban / Aufal Marom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marom Aufal. 2023. Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Memahami Klasifikasi Engine Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Model Pembelajaran Tipe TPS Siswa Kelas X di SMK Manbail Futuh Tuban. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agus Sholah M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci STAD TPS Hasil Belajar Ada beberapa faktor utama yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain guru siswa kurikulum sarana dan prasarana lingkungan serta model pembelajaran yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Akan tetapi dalam kenyataannya semua upaya tersebut masih belum berhasil meningkatkan kualitas lulusan terutama dari pendidikan kejuruan. Adanya perbandingan yang berat sebelah antara antusias guru yang tinggi berbanding terbalik dengan rendahnya kemauan siswa. Serta pemilihan model pembelajaran yang belum tepat sesuai dengan kondisi dengan ditunjukkannya hasil belajar siswa yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan TPS terhadap hasil belajar siswa. Dengan model penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design menggunakan posttest only control group design. Populasi yaitu siswa kelas X TKR SMK Tuban dengan sampel kelas X TKR 1 untuk kelas eksperimen 1 dan X TKR 2 untuk kelas eksperimen 2. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu tes pilihan ganda dan angket. Uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran STAD dan TPS terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Manbail Futuh Tuban pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif materi klasifikasi engine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314190

Actions (login required)

View Item View Item