Analisis bentuk komunikasi antara atasan dan bawahan dalam rangka mewujudkan efektivitas tujuan perusahaan (studi pada UD. Semangat Pasuruan) / Aegnes Dica Priscilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis bentuk komunikasi antara atasan dan bawahan dalam rangka mewujudkan efektivitas tujuan perusahaan (studi pada UD. Semangat Pasuruan) / Aegnes Dica Priscilia

Priscilia, Aegnes Dica (2013) Analisis bentuk komunikasi antara atasan dan bawahan dalam rangka mewujudkan efektivitas tujuan perusahaan (studi pada UD. Semangat Pasuruan) / Aegnes Dica Priscilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Komunikasi ke bawah komunikasi ke atas efektivitas tujuan Pimpinan dan karyawan sebagai sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Upaya pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan akan sangat bergantung pada berperannya pimpinan. Pimpinan mempunyai peranan penting karena besarnya tanggung jawab dalam memimpin dan menjamin kelancaran tugas para karyawan. Pimpinan harus mampu memberikan pembinaan dorongan dan arahan untuk meningkatkan kemampuan kerja karyawan. Karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan. Adanya keterkaitan atasan dan bawahan tersebut diharapkan dapat melahirkan suatu situasi yang harmonis sehingga menimbulkan kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk komunikasi antara atasan dan bawahan dalam rangka mewujudkan efektivitas tujuan UD. Semangat Pasuruan dan kendala-kendala bentuk komunikasi antara atasan dan bawahan pada UD. Semangat Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian eksploratif. Untuk memberikan gambaran tentang bentuk komunikasi antara pimpinan dan atasan yang ada pada UD. Semangat Pasuruan maka dilakukan pendekatan secara kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Peneliti berusaha untuk menggali informasi atau pendapat karyawan UD. Semangat Pasuruan tentang bentuk komunikasi dengan menggunakan wawancara terstruktur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian antara lain 1) bentuk komunikasi di UD Semangat Pasuruan adalah bersifat Downward Communication artinya komunikasi dari atasan kepada bawahan kedua bersifat Unward Communication artinya dari bawahan kepada atasan. 1. Bentuk komunikasi dari atas ke bawah adalah mengacu kepada penerapan beberapa fungsi (a) Fungsi instruksi dari pimpinan kepada bawahan instruksi merupakan bentuk komunikasi yang sering dilakukan dalam konteks komunikasi dari atasan kepada bawahan dan oleh atasan hanya disampaikan secara lisan. (b) Fungsi briefing (pengarahan) yang berkenaan dengan aturan-aturan perusahaan secara lisan dan hanya terfokus pada tingkat kehadiran karyawan. (c) Pemberian informasi yang berkenaan dengan visi dan misi perusahaan informasi tentang visi dan misi belum dapat dilakukan oleh atasan bahkan untuk tujuan pun hanya tujuan jangka pendek saja yang dapat disampaikan kepada karyawan. (d) Evaluasi dan penilaian terhadap kinerja karyawan secara umum evaluasi dan penilaian terhadap kinerja karyawan belum dilakukan oleh atasan. (e) Fungsi penanaman ideology pada umumnya atasan memberikan informasi tentang ideology untuk memperkuat loyalitas moral dan motivasi meskipun dilakukan secara lisan dan berupa nasehat. 2. Bentuk komunikasi dari bawah ke atas adalah mengacu kepada penerapan beberapa fungsi (a) Laporan prestasi kerja mereka dapat melakukan pelaporan dengan baik karena tugas-tugas dan tanggung jawab mereka sudah dijelaskan dalam job description dalam struktur organisasi secara jelas dan merupakan petunjuk dan pedoman bagi setiap bagian untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. (b) Masukan atau saran kepada atasan karyawan tidak pernah menyampaikan masukan atau saran kepada atasan dengan berbagai alasan seperti rasa takut pada pimpinan dan karena tidak ada waktu yang tepat untuk bertemu dengan atasan atau ada sekali saja menyampaikan saran karena sangat terpaksa menghadapi komplain konsumen. (c) Karyawan tidak pernah menyampaikan opini atau pendapat yang bersifat positif atau yang negatif kepada atasan. 3. Kendala-kendala komunikasi pada UD. Semangat Pasuruan adalah mengenai tekanan waktu penyaringan keahlian mendengarkan yang kurang baik serta kerangka acuan yang berbeda. Berdasarkan hasil di atas maka saran-sarannya adalah pimpinan atau atasan hendaknya menginformasikan semua kebijakan perusahaan secara tertulis dan disampaikan secara rutin seperti meeting untuk seluruh karyawan menetapkan visi dan misi serta tujuan (baik jangka pendek maupun jangka panjang) secara tertulis dan diinformasikan kepada karyawan secara rutin agar karyawan memahaminya motivasi hendaknya terus diberikan kepada karyawan dengan memberikan pujian secara langsung kepada karyawan yang berprestasi atau memberikan motivasi berupa finansial atau uang atas prestasi kerja yang telah dicapai karyawan atasan memberikan waktu khusus bagi semua karyawan untuk berkomunikasi baik secara individu maupun secara berkelompok menciptakan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan misalnya berusaha untuk menyapa karyawan terlebih dahulu pada saat bertemu dan menanyakan kabar karyawan maupun keluarganya meningkatkan intensitas pertemuan antara atasan dan bawahan sehingga komunikasi yang terjalin dapat menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan suasana formal maupun informal. Suasana informal dapat dilakukan pada pertemuan khusus seperti saat meeting sedangkan waktu informal dapat dilakukan pada saat istirahat atau waktu luang lain yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang dengan bawahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item View Item