Manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme: studi kasus di laboratorium sekolah autisme Universitas Negeri Malang / Mandasari Murdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme: studi kasus di laboratorium sekolah autisme Universitas Negeri Malang / Mandasari Murdiyah

Murdiyah, Mandasari (2009) Manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme: studi kasus di laboratorium sekolah autisme Universitas Negeri Malang / Mandasari Murdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wajib belajar 9 tahun dan slogan pendidikan untuk semua yang diprogramkan pemerintah mendorong Yayasan Sosial dan Pendidikan Autis Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang yaitu sekolah yang menangani anak yang mengalami gangguan dalam segi fisik sosial dan emosional sehingga tidak mampu memanfaatkan sekolah regular. Demikian pula pusat terapi autisme yang menangani anak berkelainan perilaku dan sulit konsentrasi serta berelasi juga berupaya memberi pelayanan maksimal kepada anak autisme dengan biaya terapi semurah mungkin. Oleh karena itu Yayasan Sosial dan Pendidikan Autis Universitas Negeri Malang berupaya memadukan manajemen antara Laboratorium Sekolah Autisme dengan pusat terapi autisme yakni keduanya dikelola dalam satu komplek dan menerapkan manajemen terpadu namun tetap menjalankan fungsinya sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal dan efisien. Untuk melihat hal tersebut di atas penulis mengadakan penelitian di Laboratorium Sekolah Autisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini untuk mengungkap dan memaparkan (1) manajemen sekolah autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang (2) manajemen terapi autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang (3) manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang (4)faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan manajemen terpadu (5) solusi masalah faktor penghambat. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Manajemen Terpadu Sekolah Autisme dan Terapi Autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang telah berdampak efisiensi bagi penyelenggaraan pendidikan. Untuk lebih jelasnya penulis merinci sebagai berikut (1) Manajemen sekolah autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang telah dikelola dengan tertib dan efektif (2) Manajemen terapi autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang belum terlaksana dengan maksimal karena orang tua siswa cenderung pasif dan pasrah pada pusat terapi (3) Manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang berdampak efisiensi bagi pengelolaan Laboratorium Sekolah Autisme dan terapi autisme serta efektif bagi kegiatan belajar mengajar siswa (4) Faktor penghambat pelaksanaan manajemen terpadu sekolah autisme dan terapi autisme di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang meliputi banyaknya murid dan terapis menyebabkan kontrol Kepala Sekolah sulit guru yang jadi PNS ditempatkan tidak di sekolah asal fasilitas dipakai bersama-sama (5) Solusi masalah yang ada meliputi koordinasi rutin ke semua bagian setiap bulan sekali menambah sarana dan prasarana pendidikan pengaturan jadwal pemakaian sarana dan prasarana dengan cermat sehingga solusi masalah yang diambil dapat terlaksana dengan baik sehingga manajemen terpadu berjalan tertib dan efektif. Berdasarkan kesimpulan atau hasil temuan penelitian berikut ini dikemukakan saran bagi pihak terkait yaitu (1) Pengurus yayasan dan pelaksana Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang dapat memberi motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta didiknya dan memacu kinerja para pelaksana Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang untuk menjadi lebih baik lagi (2) Jurusan Administrasi Pendidikan supaya dapat memberi dorongan kepada Jurusan Administrasi Pendidikan untuk mengkaji lebih dalam tentang subtansi-subtansi manajemen yang diterapkan di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang meskipun bukan lembaga formal (3) Orang Tua Murid dapat memberi dorongan kepada orang tua agar lebih memperhatikan anak selama berada di rumah. Hal tersebut merupakan wujud kesinambungan proses belajar dari sekolah ke rumah sehingga pencapaian belajar dapat memperoleh hasil yang maksimal (4) Peneliti lain mendorong peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih mendalam yang berkaitan dengan manajemen mutu di sekolah dengan menggunakan metode penelitian yang sejenis ataupun yang lain tentang manajemen-manajemen yang diterapkan di sekolah autisme karena masih banyak yang menarik untuk diteliti dari mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3141

Actions (login required)

View Item View Item