Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi pada PT Taspen Persero Kantor Cabang Mataram) / Riza Nur Imam Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi pada PT Taspen Persero Kantor Cabang Mataram) / Riza Nur Imam Febrianto

Febrianto, Riza Nur Imam (2013) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi pada PT Taspen Persero Kantor Cabang Mataram) / Riza Nur Imam Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Budaya Organisasi Kinerja Karyawan Kepuasan Kerja Sumber daya merupakan suatu aset yang penting dalam berdirinya suatu organisasi. Selain modal sumber daya manusia merupakan aset untuk menggerakkan suatu organisasi agar dapat memberikan hasil yang optimal untuk kinerja organisasi. Hal ini dapat memberikan suatu cerminan bahwa organisasi sangat bergantung kepada sumber daya manusia untuk menggerakkan operasional organisasi . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi deskriptif budaya organisasi kinerja karyawan dan kepuasan kerja dan untuk mengetahui pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kepuasan kerja budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan serta pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Kegiatan penelitian dilakukan pada karyawan PT Taspen Persero Mataram. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 49 orang responden dari total populasi sebanyak 57 orang karyawan yang tersebar pada empat divisi yang berbeda dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Random Sampling. Data yang peneliti peroleh kemudian dilakukan uji validitas uji reliabilitas uji asumsi klasik dan uji path analysis (analisis path) dengan menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT Taspen Persero budaya organisasi memberikan rata-rata jawaban tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi telah diterapkan dan diterima dengan baik kinerja karyawan memberikan rata-rata jawaban tinggi Hal ini membuktikan bahwa kinerja karyawan PT Taspen Persero Mataram dengan adanya pengaruh dari budaya organisasi dan kepuasan kerja yang ada mempengaruhi kinerja yang ada pada tiap karyawan. Dan tingkat kepuasan kerja karyawan memberikan rata-rata jawaban cukup sehingga kepuasan yang diterima karyawan cukup puas. Hasil analisis juga menemukan bahwa terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT Taspen Persero Mataram. Lalu budaya organisasi juga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Taspen Persero Mataram. Selain itu kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Taspen Persero. Dan terdapat pengaruh secara tidak langsung positif budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja PT. Taspen Persero Kantor Cabang Mataram. Saran yang dapat peneliti berikan kepada PT Taspen Persero antara lain (1) Berdasarkan hasil jawaban responden tentang budaya organisasi terdapat jawaban paling rendah mengenai pimpinan memberikan kepercayaan terhadap bawahan dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh karyawan jika atasan terlalu percaya terhadap bawahan. Baiknya atasan harus selalu mengawasi apa yang dikerjakan oleh bawahan sehingga bawahan juga bisa bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh atasan. (2) Berdasarkan hasil jawaban responden tentang kepuasan kerja terdapat jawaban paling rendah dalam pernyataan yaitu karyawan dapat bekerja sama dengan rekan kerja. Berarti dalam hal kerja sama karyawan pada PT Taspen Persero Mataram rendah. Hal ini disebabkan minimnya rotasi pekerjaan yang ada. Sebaiknya beberapa karyawan pada tiap unit harus dirotasi agar merasa terpacu dan tidak bosan selain itu harus dikembangkan bagaimana cara tiap karyawan dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan rekan kerjanya sehingga tercipta hubungan yang harmonis. (3) Berdasarkan hasil jawaban responden tentang kinerja karyawan terdapat jawaban paling rendah dalam pernyataan yaitu kejelasan tugas kualitas dan ketelitian kerja rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman mengenai tugas yang dikerjakan oleh karyawan. Selain itu minimnya pengawasan mengenai ketelitian kerja dapat menimbulkan penumpukan pekerjaan. Sebaiknya pihak perusahaan memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai tugas yang dikerjakan karyawan agar dapat selesai tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31403

Actions (login required)

View Item View Item