Hubungan antara teknik pembinaan dengan kinerja staf administrasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah / Danarto Bayu Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara teknik pembinaan dengan kinerja staf administrasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah / Danarto Bayu Kurniawan

Kurniawan, Danarto Bayu (2008) Hubungan antara teknik pembinaan dengan kinerja staf administrasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah / Danarto Bayu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Organisasi adalah bentuk lembaga yang dominan dalam masyarakat modern. Organisasi sebagai suatu sistem memiliki tiga unsur yang saling berhubungan yaitu sekelompok orang kerjasama dan tujuan. Unsur manusia dalam organisasi mempunyai kedudukan dan peranan penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pencapaian tujuannya suatu organisasi sangat tergantung pada kemampuan pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Untuk mendapatkan hasil optimal seorang pegawai tidaklah mudah hal ini disebabkan karena beberapa orang pegawai kurang memahami bidang pekerjaannya sehingga hasil pekerjaannya kurang memuaskan. Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk mengatasi masalh tersebut diadakan suatu pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pembinaan staf dan kinerja serta mengetahui apakah ada hubungan antara teknik pembinaaan dengan kinerja staf di lingkungan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian corelational. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pegawai administrasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dengan prosedur penetapan sampel berdasarkan sampel jenuh atau total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner/angket. Sedangkan analisis datanya dengan uji prasyarat analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian diperoleh bahwa para pegawai staf administrasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri kebanyakan mempersepsikan pembinaan pada kategori tinggi yaitu 40% berada pada kategori pembinaan rendah dan 60% berada pada pembinaan tinggi. Kinerja para pegawai berada pada kategori rendah yaitu 80% dan 20% berada pada kinerja tinggi. Berdasarkan analisis korelasi product moment diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembinaan staf dan kinerja staf administrasi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0 496. Berdasarkan analisis regresi linear juga diketahui bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara teknik pembinaan dan kinerja staf administrasi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi yang bernilai positif (0 354) berarti setiap terjadi peningkatan pembinaan staf akan meningkatkan kinerja staf administrasi. Berdasarkan perhitungan perbandingan sumbangan sub-sub variabel pembinaan terhadap variabel kinerja diperoleh bahwa sumbangan subvariabel pendidikan dan pelatihan terhadap variabel Y (kinerja) sebesar 6% sumbangan subvariabel mutasi terhadap variabel Y (kinerja) sebesar 13 7% subvariabel promosi terhadap variabel Y (kinerja) sebesar 4 9%. Hasil analisis regresi linear tersebut menunjukkan pentingnya pembinaan staf dalam mempengaruhi kinerjanya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam mengikuti pembinaan khususnya pendidikan dan pelatihan sebaiknya dilakukan pegawai dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian kinerja pegawai akan mengalami peningkatan untuk tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item