Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model react terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya siswa kelas IV di SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang / Mukhammad Luqman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model react terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya siswa kelas IV di SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang / Mukhammad Luqman Hakim

Hakim, Mukhammad Luqman (2012) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model react terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya siswa kelas IV di SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang / Mukhammad Luqman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Model REACT hasil belajar. Selama ini proses pembelajaran masih menganggap bahwa pengetahuan siswa diperoleh dari menghafal teori dan guru sebagai sumber utama belajar sedangkan siswa hanya bertindak pasif untuk menerima apa yang diberikan oleh guru. Untuk itu perlu diterapkan metode pembelajaran kontekstual model REACT yaitu model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari penggalian materi dari kehidupan nyata serta menerapkannya serta melatih siswa bekerja kelompok untuk bertukar ilmu pengetahuan kemudian diharapkan siswa mampu menyelesaian permasalahan yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di SDN Tanjungrejo 5 Malang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diambil dari 2 kelas yang mempunyai kemampuan yang sama atau setara. Instrumen hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan pretest dan postest. Teknik analisis hasil belajar menggunakan uji t (t-test). Dari hasil analisis hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa nilai thitung adalah 5.213 dan probability sebesar 0.000. Karena nilai probability menunjukkan 0.000 0.005 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Telah diketahui nilai thitung adalah 5.213 sedangkan nilai ttabel adalah 1.691. Berdasarkan data ini uji t dilakukan dua sisi dengan daerah penerimaan H0 antara (-1.691) sampai (1.691). Nilai thitung sebesar 5.213 berada pada daerah penolakan ttabel atau daerah penolakan H0 serta nilai thitung ttabel maka dapat diketahui H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang. Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan (1) Sebelum kegiatan belajar mengajar sebaiknya guru mempersiapkan alat dan media yang akan digunakan. (2) Pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebaiknya guru benar-benar memperhatikan waktu agar tahapan-tahapan dapat terlaksana sesuai alokasi waktu yang tersedia (3) Penelitian ini perlu dikembangkan di kelas-kelas dengan materi yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item