Keefektifan metode peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan mengelas siswa mata pelajaran pilihan kurikulum merdeka di smkn 10 malang / Achmat Ridwan Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan mengelas siswa mata pelajaran pilihan kurikulum merdeka di smkn 10 malang / Achmat Ridwan Efendi

Efendi, Achmat Ridwan Efendi (2024) Keefektifan metode peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan mengelas siswa mata pelajaran pilihan kurikulum merdeka di smkn 10 malang / Achmat Ridwan Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Merdeka dikembangkan berdasarkan minat bakat dan kemampuan siswa. Mata Pelajaran Pilihan menjadi mata pelajaran wajib dalam Kurikulum Merdeka. Semua siswa kelas XI bebas memilih kompetensi lintas jurusan yang bisa mereka pelajari. Banyak siswa dari luar kompetensi belajar kompetensi baru mempelajari kompetensi tersebut membuat siswa tersebut mengalami kesulitan dalam belajar tanpa adanya pemahaman materi dan praktik yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengelasan di SMKN 10 Malang dan (2) untuk menemukan perbedaan keterampilan mengelas antara metode direct instruction dan metode peer tutoring di SMKN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang diterapkan adalah Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Pengelasan 1 (kelas eksperimen) sebanyak 33 siswa dan XI Teknik Pengelasan 2 (kelas kontrol) sebanyak 32 siswa. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui dua teknik yaitu tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran dengan metode direct instruction berjalan lancar namun kurang melibatkan siswa sementara pembelajaran dengan metode peer tutoring memungkinkan partisipasi aktif siswa dengan memperanakannya sebagai guru bagi teman-temannya dan (2) adanya perbedaan keterampilan mengelas siswa yang menerapkan metode peer tutoring dan metode direct instruction. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan dengan uji Mann Whitney menghasilkan nilai Sig. sebesar 0 000 lt 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313952

Actions (login required)

View Item View Item