Maulana, Miptah Maulana (2024) Pengembangan modul pembelajaran cnc turning untuk meningkatkan kompetensi praktik siswa dalam mengoperasikan mesin cnc turning / Miptah Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dengan berkembangannya teknologi maka dunia pendidikan juga mengikuti perkembangan salah satu bukti bahwa dunia pendidikan mengikuti perkembanan teknologi adalah adanya mata pelajaran Teknik Pemesinana NC/CNC dan CAM yang ada pada tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Teknik Pemesinan mata pelajaran ini adalah mata pelajaran yang mengajarkan tentang cara memgambar memprogram serta mengoperasikan mesin CNC. Dengan seiring berkembanganya teknologi maka kemampuan siswa maupun lulusan SMK untuk dapat mengoperasikan mesin CNC Turning perlu adanya peningkatan. Berdasarkan hasil observasi di SMK Islam 1 Blitar memiliki mesin CNC turning dengan kontrol GSK 980-TDi sebanyak empat buah namun referensi mengenai pengoperasian mesin CNC turning GSK 980-TDi masih kurang. Maka dari itu tujian dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajatan berupa modul pembelajaran guna untuk menambah referensi pengoperasian mesin CNC turning GSK 980-TDi. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan mengujinya. Dari tujuan diatas maka dipilihlan model penelitian pengembang Borg amp Gall medel penelitian ini dipilih dikarenakan menghasilkan suatu produk dan adanya tahapan uji kelayankan produk yang meliputi Studi Pendahuluan Perencanaan Produk Draft Produk Validasi Ahli Uji Coba Kecil Desain Produk Uji Coba Besar Produk Akhir. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu para ahli dan calon pengguna yang mana para ahli terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi dan calon pengguna yaitu 60 siswa kelas 11 serta 2 guru mata pelajaran Teknik Pemesinaan NC/CNC dan CAM yang mana untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran Modul Pengoperasian Mesin CNC Turning GSK 980-TDi yang telah melalui proses uji kelayakan oleh para ahli dan proses uji coba yang mana untuk persentase dari ahli media yaitu 87% ahli materi 88% uji coba kecil 82% uji coba besar 87%. Berdasarakan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwasanya modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki predikat sangat layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313950 |
Actions (login required)
View Item |