Pengaruh metode kooperatif tipe somatic, auditory, visual, and intellectual (savi) terhadap kreativitas dan hasil belajar konstruksi geometri siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas x tpm di smkn 3 jombang / Fernanda Syafyuda Novarian Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode kooperatif tipe somatic, auditory, visual, and intellectual (savi) terhadap kreativitas dan hasil belajar konstruksi geometri siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas x tpm di smkn 3 jombang / Fernanda Syafyuda Novarian Pradana

Pradana, Fernanda Syafyuda Novarian Pradana (2024) Pengaruh metode kooperatif tipe somatic, auditory, visual, and intellectual (savi) terhadap kreativitas dan hasil belajar konstruksi geometri siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas x tpm di smkn 3 jombang / Fernanda Syafyuda Novarian Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) terhadap kreativitas dan hasil belajar konstruksi geometri siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TPM di SMKN 3 Jombang. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi sebelumnya yaitu bahwa selama kegiatan pembelajaran berlangsung hanya guru yang aktif dan masih menggunakan ceramah dalam proses pembelajaran sedangkan siswa masih kurang aktif untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa menjadi kurang kreatif dan nilai hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dan jenis penelitian berupa Nonequivalent Control Group Design Pre-test dan Post-test. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X TPM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TPM 3 sebagai kelas kontrol di SMKN 3 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes yang dibagikan kepada 71 siswa Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) dalam meningkatkan kreativitas siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Teknik Pemesinan SMKN 3 Jombang. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi 0 010 le 0 05 dan (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) dalam meningkatkan hasil belajar konstruksi geometri siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Teknik Pemesinan SMKN 3 Jombang. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi 0 021 le 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313937

Actions (login required)

View Item View Item