Dewanto, Anang Dewanto (2024) Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik pada mata pelajaran teknik gambar manufaktur kelas xi di smk al huda kota kediri / Anang Dewanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal dengan memberikan pintu masuk bagi siswa untuk mengetahui apa saja yang perlu diketahuinya agar dapat berpikir jernih dan bertindak dengan baik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Persekolahan Umum yang menyatakan bahwa merupakan suatu upaya yang penting dan terencana dalam menciptakan lingkungan belajar oleh sebab itu siswa efektif mengembangkan kapasitas dalam diri yang sebenarnya. SMK Al Huda Kediri salah satu SMK swasta di wilayah Kediri SMK Al Huda Kediri juga menghasilkan banyak lulusan yang berprestasi baik dalam bisnis atau akademis. SMK Al Huda Kediri beralamat di Jl. Masjid Al Huda No.196 Ngadirejo Kec. Kota Kota Kediri Jawa Timur 64122. Wawancara yang dilakukan di SMK Al Huda Kediri menunjukkan bahwa siswa pekerjaan dasar teknik mesin masih banyak yang kurang dalam kreatifitas. Salah satu guru pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di SMK Al Huda Kediri mengungkapkan bahwa siswa kesulitan mengerti penjelasan konsep materi yang telah diberikan. Pada saat diberi pertanyaan tentang konsep terkait materi banyak siswa yang menjawab sesuai dengan yang ada di text book dan mereka kebingungan saat disuruh menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri. Salah satu guru juga mengungkapkan bahwa mereka masih menggunakan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Metode ini digunakan peneliti karena sampelnya adalah kelas biasa dan tidak mengubah struktur yang sudah ada. Rencana yang akan digunakan dalam ujian ini adalah desain grup kontrol yang tidak setara(nonequivalent control grup design). Penelitian semi uji coba ini terdapat dua kelompok yang salah satunya diberi perlakuan sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Untuk sementara kelompok lainnya berubah menjadi kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model reciprocal teaching. Maksud dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah peningkatan kreatifitas siswa dengan menggunakan model pendidikan reciprocal teahing. Tes pemeriksaan dilakukan dengan metode sampling jenuh tepatnya seluruh individu digunakan sebagai subjek eksplorasi. Subjek penelitian sebanyak 60 siswa. Masing-masing kelompok memiliki subjek penelitian 30 siswa. Berdasarkan tingkat kreatifitas siswa pada mata pelajaran teknik gambar manufaktur yang menggunakan metode pembelajaran klasikal memperoleh rata-rata nilai indikator kreatifitas tinggi 48 dan sedang 42 sedangkan kreatifitas kelas eksperimen merujuk pada gambar 4.1 memperoleh kenaikan rata-rata nilai indikator sangat tinggi 59 7 dan tinggi 51 3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik kelas XI mata pelajaran teknik gambar manufaktur. Hasil ini mendukung penelitian terdahulu oleh Sandopa dkk.(2022) yang menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kreatifitas siswa. berdasarkan perbedaan selisih nilai indikator antara kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran reciprocal teaching dibanding kelas kontrol yang mendapat pemeblajaran klasikal. Dengan menghasilkan selisih nilai indikator kreatifitas fluency mendapatkan nilai 19 indikator flexibility mendapatkan nilai 17 5 indikator originality mendapatkan nilai 15 indikator elaboration mendapatkan nilai 14 3. Hasil tersebut kelas eksperimen lebih baik karena menggunakan metode reciprocal teaching hal ini selaras dengan pendapat Barkley dkk.(2015) yang menyatakan siswa harus memberi dan menerima bantuan satu sama lain untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman melalui pengajaran timbal balik yang bersifat aktif daripada pasif dan siswa harus bertanya menjawab pertanyaan memberikan penjelasan hingga mengulang ide agar mendapat penguatan konsep pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313918 |
Actions (login required)
View Item |