Hartanti, Siti (2009) Hubungan peran kepala sekolah dalam pengembangan staf dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri se-kabupaten Tulungagung / Siti Hartanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru sebagai staf pendidik mempunyai peran penting di dalam kelas sebab guru merupakan fasilitator kegiatan belajar-mengajar selain itu mereka juga berkewajiban untuk berusaha mengembangkan kemampuan profesionalnya sesuai dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan bangsa. Penerapan kegiatan pengembangan staf pada guru di sekolah ditekankan pada peran kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah dalam mengembangkan kinerja mengajar guru. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan staf dan kinerja mengajar guru di dalam kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kegiatan membantu dan mendukung staf pendidik berkembang dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (2) mengetahui hubungan antara kegiatan kerja sama dengan staf pendidik dalam mengembangkan pengajaran dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (3) mengetahui hubungan antara kegiatan membantu persoalan pengajaran yang dihadapi staf pendidik dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (4) mengetahui hubungan antara kegiatan menilai performa staf pendidik dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dimana penelitian deskriptif bertujuan untuk mendiskripsikan peranan kepala sekolah dalam pengembangan staf dan kinerja mengajar guru di kelas. Sedangkan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel prediktor dengan variabel kriterium. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar ditingkat 11 dan siswa tingkat 11 yang belajar di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Dalam setiap satu orang guru pengajar dinilai oleh 10 orang siswa. Pengambilan sampel untuk guru yang mengajar dilakukan secara proportionate stratified random sampling dengan tujuan agar penentuan sampel penelitian proporsional sesuai dengan golongan guru yaitu guru tetap dan guru tidak tetap. Sedangkan untuk pengambilan sampel siswa dilakukan secara purposive karena sesuai dengan pertimbangan peneliti yang dapat mewakili populasi siswa tingkat 11 yang ada di SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket tertutup yang memberikan lima alternatif jawaban. Hasil penelitian secara diskriptif adalah kepala sekolah di SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung mempunyai peran yang baik. Adapun rinciannya untuk variabel X1 (kegiatan kepala sekolah dalam membantu dan mendukung staf berkembang dengan kinerja mengajar guru di kelas) berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata 31 671875 X2 (kegiatan kepala sekolah dalam bekerja sama dengan staf pendidik dalam mengembangkan pengajaran) berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata 35 375 X3 (kegiatan kepala sekolah dalam mambantu persoalan pengajaran yang dihadapi staf pendidik) berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata 34 5 dan X4 (kegiatan kepala sekolah dalam menilai performa staf pendidik) berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata 36. Secara khusus adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan kepala sekolah dalam membantu dan mendukung staf untuk berkembang dengan kinerja mengajar guru di kelas hal ini ditunjukkan dengan nilai rxyhitung rxytabel (0 316 0 244) terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan kepala sekolah dalam bekerja sama dengan staf pendidik dalam mengembangkan pengajaran dengan kinerja mengajar guru di kelas hal ini ditunjukkan dengan nilai rxyhitung rxytabel (0 346 0 244) terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan kepala sekolah dalam membantu persoalan pengajaran yang dihadapi staf pendidik dengan kinerja mengajar guru di kelas hal ini ditunjukkan dengan nilai rxyhitung rxytabel (0 249 0 244) terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan kepala sekolah dalam menilai performa staf pendidik dengan kinerja mengajar guru di kelas hal ini ditunjukkan dengan nilai rxyhitung rxytabel (0 276 0 244). Hasil hipotesis secara umum adalah terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah dalam pengembangan staf dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung hal ini ditunjukkan dengan menggunakan uji F yang menunjukkan bahwa Fhitung (22 067) Ftabel (4 59 0 05) (2 528). Dengan demikian Ho yang berbunyi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah dalam mengembangkan staf dengan kinerja mengajar guru di kelas pada SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung dapat ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyajikan beberapa saran antara lain (1) perlunya upaya-upaya pengembangan staf secara kontinyu (2) memperbanyak melakukan pelatihan-pelatihan dan memberikan fasilitas penunjang untuk meningkatkan kinerja mereka (3) pemantauan oleh kepala sekolah terhadap kegiatan pengembangan yang dilakukan (4) memotivasi dan mengikut sertakan guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan (5) lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama antara guru dengan kepala sekolah (6) tidak mengabaikan kebutuhan dan harapan guru (7) memberikan raport kepada guru (8) kepada pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis sebaiknya lebih mengembangkan permasalahan variabel serta sebaran yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |