Putra, Mohammad Amirulloh Aditya (2023) Upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas x program keahlian teknik pemesinan smk turen kabupaten malang / MOHAMMAD AMIRULLOH ADITYA PUTRA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pencapaian hasil belajar sesuai KKM dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Seperti halnya di SMK Turen Kabupaten Malang pada kelas X mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Pekerjaan Dasar Teknik Mesin merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan terutama pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. Sehingga setiap siswa dituntut untuk mampu mempersiapkan diri menghadapi perubahan keadaan didalam dunia industri dan dunia usaha yang selalu berkembang baik melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis rasional kritis cermat jujur efisien dan juga membina kerja sama yang baik antar sesama siswa. Permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran juga dipengaruhi oleh model pembelajaran guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional Kelemahan pada model ceramah ini kegiatan belajar hanya terfokus pada satu arah yaitu guru siswa hanya menjadi pendengar dan pencatat sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dapat dilihat dari siswa yang sering keluar masuk kelas dalam proses pembelajaran berlangsung siswa tidak fokus mendengarkan guru saat menerangkan pembelajaran siswa malas bertanya. Oleh karena itu peneliti melakukan penerapan model pembelajaran inkuiri yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Turen Kabupaten Malang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X TPm-5 SMK Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 36 siswa dan dilaksanakan secara sikluitis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket lembar observasi catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan menghitung hasil angket motivasi menghitung persentase aktivitas menggunakan rumus data keterlaksanaan pembelajaran observasi dan menarik kesimpulan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dari siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing adalah sebesar 70 2 % dan 78 6% dengan mengalami peningkatan sebesar 8 4% aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing adalah sebesar 63 3% dan 83 6% dengan mengalami peningkatan sebesar 20 3% dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus dan siklus I masing-masing adalah sebesar 32 2% dan 66 6% dengan mengalami peningkatan sebesar 34 4% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus I ke siklus II masing-masing adalah sebesar 66 6% dan 88 2% dengan mengalami peningkatan sebesar 21 6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Turen Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |