Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu seluler prabayar IM3 (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rohman Bangkit Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu seluler prabayar IM3 (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rohman Bangkit Pratama

Pratama, Rohman Bangkit (2013) Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu seluler prabayar IM3 (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rohman Bangkit Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen keputusan pembelian Komunikasi merupakan hal yang tidak dapat terlepas pada era saat ini. Hal ini mengakibatkan bisnis seluler berkembang dengan sangat pesat. PT. Indosat sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan kartu seluler prabayar IM3 yang merupakan produk andalannya berusaha untuk menjadi market leader dalam bisnis ini. Semakin banyaknya kartu seluler yang beredar di pasaran membuat persaingan dalam bisnis operator seluler semakin ketat. PT. Indosat dalam hal ini perlu mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam membeli kartu seluler khususnya kartu seluler prabayar IM3 agar tetap bisa eksis dari para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli kartu seluler prabayar IM3. Penelitian ini bersifat confirmatory yang artinya peneliti mengkonfirmasi apakah variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini sesuai untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen. Variabel-variabel dalam penelitian ini diambil berdasarkan teori-teori dan juga penelitian terdahulu yang meliputi product harga promosi distribusi dan kelompok acuan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2010. Teknik analasis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor confirmatory dan Data yang diperoleh melalui kuesioner diolah dengan software SPSS versi 16.0 for windows Hasil dalam penelitian ini menyebutkan bahwa faktor produk harga promosi distribusi dan kelompok acuan dipertimbangkan responden dalam membeli kartu seluler prabayar IM3 dengan nilai variance yang dihasilkan sebesar 60.771%. Faktor produk terdiri dari masa aktif jaringan fitur telebanking fitur call conference manfaat fitur call conference dalam pergaulan serta fitur call hold . Faktor harga terdiri dari harga kartu perdana biaya telepon biaya sms harga isi ulang pulsa serta biaya jelajah internet. Faktor promosi terdiri dari aneka ragam promo tarif intensitas promo tarif iklan media cetak dan iklan media televisi. Faktor distribusi terdiri dari ragam cara pengisian pulsa kemudahan pengisian pulsa tempat pengisian pulsa yang mudah dijangkau serta stock pulsa yang selalu tersedia. Faktor kelompok acuan terdiri dari kesamaan dengan teman kesamaan dengan keluarga manfaat yang diberikan dalam pergaulan serta himbauan keluarga untuk menggunakan kartu seluler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31385

Actions (login required)

View Item View Item