Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Titik Mujiwardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Titik Mujiwardani

Mujiwardani, Titik (2013) Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Titik Mujiwardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Kepuasan Kerja Kinerja Keberhasilan organisasi mencapai tujuan dapat diperlihatkan melalui kinerja yang tinggi dan efektif dari setiap anggota organisasi. Indikasi kinerja yang tinggi dan efektif nampak dalam motivasi dan kepuasan kerja yang tinggi. Motivasi adalah daya pendorong yang mengakibatkan seorang anggota organisasi mau dan rela untuk mengerahkan kemampuannya dalam melaksanakan suatu tugas atau tanggung jawab. Kepuasan kerja adalah sikap atau perasaan positif atau negatif yang dimiliki karyawan terhadap kinerjanya. Kinerja adalah hasil dari proses kerja seseorang atau kelompok organisasi sesuai dengan tanggung jawab yang dimiliki sehingga tujuan organisasi tercapai yang dapat dilihat dari kesetiaan prestasi kerja tanggung jawab ketaatan kejujuran kerjasama dan prakarsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi motivasi kepuasan kerja dan kinerja guru (SDN) Kecamatan Kalipare (2) Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja (3) variabel yang dominan mempengaruhi kinerja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi (X1) Kepuasan (X2) dan kinerja (Y). Penelitian ini dilakukan selama bulan September Oktober 2012. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Statified Random Sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 126 responden dari 234 guru SDN Kecamatan Kalipare. Skala Likert digunakan untuk memberikan skor dalam instrumen. Jawaban dapat diberi skor berikut ini sangat tidak setuju (STS) dengan skor 1 tidak setuju (TS) dengan skor 2 cukup setuju (CS) dengan skor 3 setuju (S) dengan skor 4 sangat setuju (SS) dengan skor 5.Untuk menguji validitas dan reliabilitas sebelumnya diadakan try out pada 30 sampel. Pengisian angket variabel motivasi dan kepuasan kerja dilakukan oleh guru sedangkan untuk kinerja diisi oleh kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS For Window seri 16.0. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) responden yang menyatakan setuju terhadap motivasi mennduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 82 53% responden (2) responden yang menyatakan sangat setuju terhadap kepuasan menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 68 35% responden (3) responden yang menyatakan sangat setuju terhadap kinerja menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 68 25% responden. Signifikasi F adalah 0 202 0 05 maka dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima Nilaisignifikasi t untuk X1 adalah 0 284 0 05 signifikasi t untuk X2 adalah 0 508 0 05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah) (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kepuasan kerja secara parsial terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Kalipare (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kepuasan kerja secara simultan terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Kalipare (3) jika dibandingkan dengan variabel motivasi dan kepuasan kerja variabel motivasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Kalipare. Saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi guru SDN Kecamatan Kalipare untuk menambah dan selalu memperbaharui ilmu dan pengetahuan untuk menunjang profesi sebagai guru meningkatkan kerjasama untuk meningkatkan mutu anak didik meningkatkan kedisiplinan misalnya datang dan pulang tepat pada waktunya (2) bagi UPTD TK SD dan PLS Kecamatan Kalipare Kabupaten yaitu melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara merata memberikan pelatihan dan seminar yang dapat meningkatkan kinerja para guru membangun relasi yang baik antara staf UPTD dengan para guru sehingga kebutuhan guru dan proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar (3) bagi peneliti selanjutnya supaya menambah jumlah variabel atau meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja selain motivasi dan kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item