Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik Universitas Negeri Malang / Fiethalies Arie Mahardhika Fangohoy - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik Universitas Negeri Malang / Fiethalies Arie Mahardhika Fangohoy

Fiethalies Arie Mahardhika Fangohoy (2009) Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik Universitas Negeri Malang / Fiethalies Arie Mahardhika Fangohoy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tingg negeri yang berkedudukan di kota Malang. Sebagai lembaga pendidikan tinggi UM menyelenggarakan kegiatan yang bersifat edukatif dan administratif. Kegiatan edukatif meliputi belajar-mengajar sebagai fungsi utama yaitu menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran di atas pendidikan menengah dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi sosial budaya dan seni termasuk keguruan dan ilmu pendidikan. Selain kegiatan edukatif diselenggarakan pula kegiatan administratif meliputi segenap pengelolaan sembe daya organisasi untuk menunjang proses belajar-mengajar sebagai fungsi utama dari lembaga pendidikan. Registrasi akademik merupakan salah satu layananadministratif yang pelaksanaanya pada tingkat fakultas bagi mahasiswa dalam memperoleh hak dan izin untuk mengikuti perkuliahan pada semester tententu dengan ketentuan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah melakukan registrasi administrasi. Sebagai sebuah layanan registrasi akademik memiliki kualitas yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Penyelenggaraan layanan yang optimal akan membuat mahasiswa puas dan menguatkan kepercayaan pada unit penyelenggara dan institusi. Mahasiswa yang puas terhadap layanan akan membagi pengalaman tersebut kepada komunitas sosialnya proses transfer informasi ini akan memberi pengaruh positif pada citra UM. Registrasi akademik sebagai sebuah layanan memiliki karakteristik sifat bervariasi karena bergantung kepada siapa kapan dan di mana dihasilkan dengan demikian pelaksanaan layanan yang berada pada tingkat fakultas berdampak pada perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa antar unit tersebut. Studi pendahuluan dengan metode wawancara tentang pengalaman registrasi akademik yang dirasakan mahasiswa terhadap mekanisme pelayanan menunjukan indikasi layanan yang kurang efektif Oleh karena itu dibutuhkan informasi untuk menentukan solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat harapan mahasiswa terhadap layanan registrasi akademik UM (2) mendeskripsikan tingkat persepsi mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM (3) mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM (4) mengetahui perbedaan harapan mahasiswa antar fakultas terhadap layanan registrasi akademik UM (5) mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa antar fakultas terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM dan (6) mengetahui perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa antar fakultas dalam layanan registrasi akademik UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal komparatif karena membandingkan harapan persepsi dan kepuasan mahasiswa antar fakultas terhadap kinerja layanan registrasi akademik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2002 2005 dengan pertimbangan bahwa mahasiswa pada kategori tersebut memiliki pengalaman yang cukup dalam menilai kinerja layanan. Penarikan sampel penelitian menggunakan cluster sampling dan proporsi sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis deskriptif dilakukan untuk menjawab hipotesis pertama menghasilkan kesimpulan bahwa 77 01% tingkat harapan mahasiswa berada pada kualifikasi sangat tinggi. Persepsi mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM 57 60% berada pada kualifikasi tinggi yang berarti persepsi mahasiswa adalah baik. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM adalah 65 24% kualifikasi rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM adalah rendah dan terjadi ketidakpuasan. Hasil pengujian dengan menggunakan teknik analisis one way ANOVA mengasilkan kesimpilan untuk hipotesis kedua diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian terdapat perbedaan tingkat harapan mahasiswa antar fakultas terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM. Pengujian hipotesis ketiga mengasilkan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian terdapat perbedaan tingkat persepsi mahasiswa antar fakultas terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM. Pengujian hipotesis keempat mengasilkan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian terdapat perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa antar fakultas terhadap kinerja layanan registrasi akademik UM. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terjadi fenomena ketidakpuasan terhadap kinerja layanan registrasi akademik. Tingkat harapan persepsi dan kepuasan mahasiswa antar fakultas di UM memiliki variasi yang beragam. Fenomena ketidakpuasan yang ditemukan dalam penelitian ini hendaknya menjadi motivasi bagi institusi untuk meningkatkan kualitas layanan dan profesionalisme lembaga sehingga mampu menyajikan pelayanan yang optimal mewujudkan pelanggan pendidikan yang loyal dan citra lembaga serta menjadi dorongan bagi staf dalam mengembangkan motivasi moral dan kemampuan diri dan kelompok untuk menyukseskan profesionalisme lembaga dan individu selaku bagian dari layanan yang berkualitas. --Kata sandi-- open ) 103131463754

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item