Lilik Setyowati (2009) Kualitas tata ruang kantor di sekolah menengah atas (SMA) negeri se-kota Malang / Lilik Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap organisasi baik besar maupun kecil baik swasta maupun pemerintah membutuhkan penyelenggaraan administrasi yang selanjutnya lebih dikenal dengan kegiatan ketatausahaan. Kegiatan ini diidentikkan dengan kegiatan kantor yakni kegiatan yang berhubungan dengan segala proses administrasi pada sebuah lembaga pendidikan. Bagian ini bertugas memberikan pelayanan administratif kepada warga sekolah serta pihak-pihak yang berkepentingan sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ketatusahaan merupakan pos terdepan bagi penyelenggaraan sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di dalam kantor ini akan berjalan dengan baik apabila terdapat tata ruang yang baik dan berkualitas yaitu yang dapat memberikan manfaat antara lain 1) arus pekerjaan dapat berjalan lancar 2) lalu lintas dalam kantor lebih baik 3) mempermudah pengawasan 4) dapat mendatangkan suasana kerja yang menyenangkan 5) mengurangi ketegangan dan kecapaian yang akhirnya dapat membangkitkan semangat kerja dan meningkatkan efisiensi kerja. (Moekijat 2002 123-124). Jika kita amati di lapangan masih belum banyak ditemukan hasil penelitian dalam bidang perkantoran khususnya tata ruang kantor. Padahal seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa tata ruang kantor sangat berpengaruh terhadap proses ketatausahaan di sebuah lembaga pendidikan yaitu di SMA Negeri se-Kota Malang. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian secara umum adalah bagaimana tingkat kualitas tata ruang kantor di SMA Negeri se-Kota Malang dan secara rinci adalah (1) seberapa tingkat kualitas ruang tata usaha (TU) SMA Negeri se-Kota Malang (2) seberapa tingkat kualitas tata letak perlengkapan dan mesin-mesin kantor di SMA Negeri se-Kota Malang (3) seberapa tingkat kualitas asas-asas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-kota Malang dan (4) seberapa tingkat kualitas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas tata ruang kantor di SMA Negeri se-Kota Malang sedangkan secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kualitas ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang (2) tingkat kualitas tata letak perlengkapan dan mesin-mesin kantor di SMA Negeri se-Kota Malang (3) tingkat kualitas asas-asas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang (4) tingkat kualitas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kualitas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang yang berjumlah 92 orang sehingga penelitian ini tergolong penelitian populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan 35 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik prosentase dan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Package For The Social Sciences) for Windows Release 11.0. Dalam penelitian ini terdapat lima kategori penilaian yaitu sangat rendah rendah sedang tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 responden (6 52%) menyatakan bahwa kualitas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori sedang yakni pada interval 91-118 69 responden (75%) menyatakan bahwa kualitas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori tinggi yakni pada interval 119-146 dan 17 responden (18 48%) menyatakan bahwa kualitas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang berada pada kategori sangat tinggi yakni pada interval 147-175. Kesimpulan umum dari penelitian ini adalah kualitas tata ruang kantor di SMA Negeri se-Kota Malang dalam kategori tinggi. Artinya di SMA Negeri se-Kota Malang sudah memiliki tata ruang kantor yang baik yang memenuhi syarat. Sedangkan secara khusus peneliti menyimpulkan bahwa (1) tingkat kualitas ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang dalam kategori tinggi. Artinya ruang kantor tata usaha SMA Negei se-Kota Malang sudah memenuhi syarat tata ruang yang baik (2) tingkat kualitas tata letak perlengkapan dan mesin-mesin kantor di SMA Negeri se-Kota Malang dalam kategori tinggi. Artinya tata letak perlengkapan dan mesin-mesin kantor di ruang tata sudah baik dan berada pada posisi yang tepat (3) tingkat kualitas asas-asas tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang dalam kategori tinggi. Artinya penggunaan asas-asas pengaturan ruangan sudah benar dan sesuai dengan teori tata ruang kantor yang ada dan (4) tingkat kualitas faktor-faktor yang mendukung tata ruang kantor SMA Negeri se-Kota Malang dalam kategori tinggi. Artinya faktor-faktor pendukung tata ruang kantor tata usaha SMA Negeri se-Kota Malang sudah baik. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini saran yang disampaikan bagi Kepala SMA Negeri se-Kota Malang adalah diharapkan dapat meningkatkan kualitas tata ruang kantor menjadi lebih baik dengan membuat kebijakan maupun peraturan tentang tata ruang yang tindak lanjutnya diserahkan kepada kepala tata usaha. Sedangkan bagi Kepala Tata Usaha diharapkan dapat mengadakan perubahan susunan tempat kerja sesuai dengan kebijakan kepala sekolah untuk mencapai kepuasan kerja. Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapakan dapat mengadakan supervisi dalam bidang perkantoran sehingga Kepala Dinas Pendidikan dapat memberi masukan terhadap sekolah mengenai peningkatan kualitas tata ruang kantor maupun bantuan perabot peralatan dan mesin-mesin kantor. Sedangkan bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat melakukan kajian ulang terhadap penelitian sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan khususnya bidang manajemen perkantoran. Bagi peneliti lainnya diharapkan dalam mengadakan penelitian lanjutan hendaknya dapat menggunakan variabel yang berbeda dengan subjek yang lebih luas sehingga dapat memperoleh pengetahuan tata ruang yang lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |