Pengaruh pemasaran word of mouth terhadap brand awareness perusahaan jasa (studi pada pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular) / Ristyan Fitrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemasaran word of mouth terhadap brand awareness perusahaan jasa (studi pada pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular) / Ristyan Fitrianto

Fitrianto, Ristyan (2013) Pengaruh pemasaran word of mouth terhadap brand awareness perusahaan jasa (studi pada pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular) / Ristyan Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci word of mouth talker topics tools brand awareness Word of mouth merupakan salah satu jenis pemasaran tradisional yang masih sangat efektif untuk dijalankan oleh sebuah perusahaan saat ini. Talker mempunyai peran yang sangat penting bagi strategi word of mouth dimana talker berperan sebagai penyebar pesan mengenai produk yang ia konsumsi. Topics yang terkandung dalam pesan yang dikirimkan oleh talker juga mempunyai peran yang cukup besar bagi berjalannya strategi word of mouth marketing ini disamping juga media yang digunakan oleh talker dalam menyampaikan pesan itu sendiri. Word of mouth yang berjalan dengan baik akan membuat seseorang yang mendapatkan pesan dari talker lebih memperhatikan sebuah perusahaan yang menjadi topik dalam pembicaraan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi brand awareness perusahaan jasa. Penelitian ini mempunyai 4 variabel yaitu 3 variabel bebas diantaranya talker (X1) topics (X2) dan tools (X3) serta variabel terikat (Y) adalah brand awareness. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal tenaga biaya dan waktu. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Untuk menguji kelayakan regresi menggunakan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh talker secara parsial terhadap brand awareness pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular (2) terdapat pengaruh topics secara parsial terhadap brand awareness pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular (3) terdapat pengaruh tools secara parsial terhadap brand awareness pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular dan (4) terdapat pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap brand awareness pengunjung taman rekreasi Batu Night Spectacular. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Perusahaan harus dapat memaksimalkan pelayanan terhadap pengunjung dan memberikan sebuah hiburan yang maksimal yang berorientasi pada kepuasan pengunjung. Pelayanan yang maksimal bertujuan untuk mendorong pengunjung untuk melakukan word of mouth yang positif tentang perusahaan. (2) Semakin ketatnya persaingan di industri jasa terutama pariwisata maka pengelola Batu Night Spectacular diharapkan selalu memberikan hal-hal baru dan fresh dalam memberikan layanan terhadap pengunjung. Penciptaan hal-hal baru dan fresh bagi pengunjung tersebut bertujuan untuk memberikan topik yang selalu menarik untuk dibicarakan oleh seorang talker sehingga akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan frekuensi word of mouth yang dilakukan pengunjung tentang Batu Night Spectacular itu sendiri. (3) Sangat kompleksnya perilaku word of mouth yang dilakukan seorang individu tentang produk yang mereka gunakan membutuhkan sebuah analisis yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi word of mouth itu sendiri. Peneliti juga menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah metode dalam pengumpulan data sehingga hasil yang didapatkan akan lebih akurat. (4) Peneliti menyarankan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan pula sub variabel-sub variabel word of mouth dari segi produsen seperti tracking dan taking part.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item View Item