Candra, Fery Dwi Candra (2024) Pengaruh internal locus of control dan resiliensi diri terhadap prestasi belajar peserta didik akuntansi / Fery Dwi Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh internal locus of control dan resiliensi diri terhadap prestasi belajar peserta didik Akuntansi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah attributional theory of achievement dari Bernard Weiner. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei berbasis kuantitatif dengan populasi yang terdiri dari peserta didik jurusan Akuntansi di SMK Islam Batu sebanyak 288 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data non-probability melalui metode purposive sampling pada kelas sepuluh dan sebelas jurusan Akuntansi dengan jumlah 163 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan alat bantuan SPSS versi 29.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control dan resiliensi diri memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar pada peserta didik Akuntansi di SMK Islam Batu. Hasil tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebagian besar peserta didik yang memiliki internal locus of control dan resiliensi diri yang tinggi maka prestasi belajar juga akan tinggi dan sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai faktor-faktor internal pada setiap individu yang memiliki peranan penting selain faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan sesuai dengan teori attributional theory of achievement. Selain itu hasil ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak (guru sekolah peserta didik) untuk meningkatkan hasil belajar yang maksimal pada pembelajaran Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313608 |
Actions (login required)
View Item |