Hubungan antara pembinaan dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sukun Kota Malang / Murita Herliningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pembinaan dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sukun Kota Malang / Murita Herliningtyas

Murita Herliningtyas (2010) Hubungan antara pembinaan dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sukun Kota Malang / Murita Herliningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan guru merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menciptakan profesionalisme guru. Pemerintah maupun Kepala Madrasah telah banyak melakukan upaya pembinaan guru melalui berbagai cara. Pembinaan guru yang dilakukan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya latar belakang pendidikan masa kerja dan pengalaman mengajar. Beberapa teknik yang dilakukan dalam kegiatan pembinaan yaitu kunjungan kelas percakapan pribadi menilai diri sendiri rapat guru Kelompok Kerja Guru (KKG) pelatihan/penataran dan kepanitiaan. Profesionalisme guru dapat diketahui melalui beberapa kegiatan yang berhubungan dengan keahlian di bidang teori dan praktek ilmu keguruan senang memasuki organisasi profesi keguruan memiliki latar pendidikan keguruan yang memadai melaksanakan kode etik guru memiliki otonomi dan rasa tanggung jawab memiliki rasa pengabdian kepada masyarakat bekerja atas panggilan hati nurani. Untuk mengungkapkan hubungan antara pembinaan dan profesionalisme guru maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah tingkat pembinaan guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun (2) Bagaimanakah tingkat profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun (3) Adakah hubungan antara pembinaan dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun. Variabel yang dikemukakan dalam penelitian ini terdiri dari pembinaan guru sebagai variabel bebas dan profesionalisme guru sebagai variabel terikat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasional dengan menggunakan analisis dari Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembinaan guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun digolongkan dalam kriteria cukup tinggi. Adapun tingkat profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun termasuk dalam kriteria cukup tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pembinaan dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Sukun. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan memperbanyak variabel penelitian maupun pengembangan metode yang akan digunakan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3136

Actions (login required)

View Item View Item