Pengaruh strategi diferensiasi (Produk, pelayanan, & citra) terhadap keputusan pembelian Handphone Blackberry (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Negeri Malang / Deni Irfayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi diferensiasi (Produk, pelayanan, & citra) terhadap keputusan pembelian Handphone Blackberry (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Negeri Malang / Deni Irfayanti

Irfayanti, Deni (2012) Pengaruh strategi diferensiasi (Produk, pelayanan, & citra) terhadap keputusan pembelian Handphone Blackberry (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Negeri Malang / Deni Irfayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Diferensiasi Keputusan Pembelian Menarik hati pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan bukan hal yang mudah bagi perusahaan karena pesaing memberikan rangsangan-rangsangan kepada konsumen agar membeli produk pesaing. Selain itu selera konsumen mudah berubah jika perusahaan tidak mampu memberikan inovasi yang diharapkan konsumen maka dengan mudah konsumen akan beralih ke produk lain. Salah satu kuncinya adalah dengan melakukan strategi diferensiasi. Dengan strategi diferensiasi Blackberry yang jitu dan konsumen menyukainya maka akan tercipta keputusn pembelian pada handphone Blackberry. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kondisi strategi diferensiasi serta keputusan pembelian konsumen handphone Blackberry (2) pengaruh strategi diferensiasi (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen handphone Blackberry (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari diferensiasi produk (X1) diferensiasi pelayanan (X2) dan diferensiasi citra (X3) dan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen (Y). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang menggunakan handphone Blackberry sehinggan tergolong dalam finite population. Dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 160 orang dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Kesimpulan dalam penelitian ini (1) Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui keadaan strategi diferensiasi dan keputusan pembelian sebagai berikut (a) Keadaan strategi diferensiasi pada pengguna handphone Blackberry adalah responden yang terpikat oleh inovasi pada handphone Blackberry yang baik karena didukung oleh diferensiasi produk diferensiasi pelayanan diferensiasiasi citra yang baik (b) Keadaan keputusan pembelian handphone Blackberry adalah responden yang merekomendasikan pada orang lain yang tidak tahu harus membeli handphone apa dan menginformasikan hal yang baik kepada orang lain. (2) Pengaruh strategi diferensiasi secara parsial terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang antara lain (a) Diferensiasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dalam membeli handphone Blackberry (b) Diferensiasi pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dalam membeli handphone Blackberry (c) Diferensiasi citra berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dalam membeli handphone Blackberry. Saran dalam penelitian ini kepada (1) Perusahaan handphone Blackberry antara lain agar meningkatkan strategi diferensiasi yang meliputi kualitas produk pelayanan dan citra kepada konsumen untuk lebih meningkatkan penjualannya. Pihak Blackberry harus mampu memenuhi keinginan konsumen atas perubahan teknologi perusahaan handphone Blackberry harus selalu berinovasi untuk mengembangkan teknologi dan fitur yang ada di dalamnya sehingga produk handphone Blackberry yang dihasilkan menjadi pilihan nomor satu konsumen. (2) Konsumen antara lain agar sebelum membeli produk mengambil kebijaksanaan yang berhubungan dengan kualitas produk yang akan dibeli. (3) Peneliti lain di masa mendatang agar melibatkan konsumen yang lingkupnya lebih luas agar data penelitian yang diperoleh dalam hasil penelitian lebih valid dan signifikan dan selanjutnya disarankan menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen selain variabel yang diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31354

Actions (login required)

View Item View Item