Pengaruh persepsi kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hyang Widhi Wisnu Wardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hyang Widhi Wisnu Wardhana

Wardhana, Hyang Widhi Wisnu (2012) Pengaruh persepsi kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hyang Widhi Wisnu Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesadaran merek asosiasi merek kesan kualitas dan loyalitas merek Merek mengandung nilai-nilai yang bersifat intangible emosional keyakinan harapan serta sarat dengan persepsi pelanggan. Untuk itu agar suatu perusahaan dapat sukses intangible asset-nya seperti kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas perlu dikelola secara terus-menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas yang mempengaruhi loyalitas merek. Penelitian ini mempuyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari kesadaran merek (X1.1) asosiasi merek (X1.2) dan kesan kualitas (X1.3) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas merek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif resiprocal. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan manajemen Universitas Negeri Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang pengguna handphone Blackberry. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kesadaran merek secara parsial terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang (2) terdapat pengaruh asosiasi merek secara parsial terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang (3) terdapat pengaruh kesan kualitas secara parsial terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dan (4) terdapat pengaruh kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas secara simultan terhadap loyalitas merek pengguna handphone Blackberry di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Nilai Adjusted R Square 0 617 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas mempengaruhi loyalitas merek di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang sebesar 61 7% sedangkan sisanya 38 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. ii Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas handphone merek Blackberry sangat baik. Oleh karena itu harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan cara menciptakan produk yang mengutamakan standar mutu unik dan kualitas yang baik ketika barang hendak dipasarkan. Karena membangun sebuah kekuatan merek memerlukan waktu yang lama dan anggaran yang cukup tinggi. Dengan kesadaran merek asosiasi merek dan kesan kualitas yang baik dapat meningkatkan loyalitas merek pengguna handphone Blackberry.(2) Peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan usia dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas.(3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas merek selain variabel yang diteliti pada penlitian ini. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31346

Actions (login required)

View Item View Item