Pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian kopi nescafe (studi pada mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dinantiar Satria Wiraga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian kopi nescafe (studi pada mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dinantiar Satria Wiraga

Wiraga, Dinantiar Satria (2012) Pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian kopi nescafe (studi pada mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dinantiar Satria Wiraga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Iklan Televisi Keputusan Pembelian Pada saat ini persaingan dalam dunia usaha sangat tinggi sehingga perusahaan harus mampu memasarkan produknya dengan baik salah satunya melalui iklan televisi. Iklan televisi yang menarik akan dapat memberikan nilai lebih kepada perusahaan dan diharapkan mampu memenuhi harapan konsumen. Dengan adanya hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat sehingga mengakibatkan keputusan pembelian. Iklan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah kopi Nescafe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan serta variabel paling dominan dari iklan televisi yang meliputi isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian kopi Nescafe pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sedangkan sampel berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dapat diketahui pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara variabel isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian kopi Nescafe. (2) Iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kopi nescafe. (3) Iklan televisi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kopi Nescafe sebesar 38 7%% sedangkan sebesar 61 3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. (4) Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel sumber pesan. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kopi Nescafe harus mampu mempertahankan serta meningkatkan kreatifitas iklan televisi yang dihasilkan agar lebih menarik konsumen. (2) struktur pesan pesan perlu diperhatikan karena alur cerita dan penjelasan iklan kopi Nescafe masih sulit dimengerti. (3) produsen yaitu kopi Nescafe dapat menonjolkan sumber pesan agar dapat menumbuhkan dan menarik konsumen dalam keputusan pembelian kopi Nescafe pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item View Item