Faktor-faktor yang dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang / Windi Wiradani - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang / Windi Wiradani

Wiradani, Windi (2012) Faktor-faktor yang dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang / Windi Wiradani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis faktor zakat perilaku konsumen keputusan pembelian konsumen Perkembangan ekonomi syariah di tanah air menunjukkan indikasi yang menggembirakan dengan ditandai semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ekonomi sesuai syariah termasuk dalam perilaku memberi (giving behavior) atau filantropi (kedermawanan). Mengingat besarnya jumlah masyarakat muslim di Indonesia maka eksistensi institusi zakat baik yang dibentuk oleh pemerintah maupun yang lahir dari inisiatif masyarakat menjadi semakin penting dan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan persepsi muzakki tentang indikator-indikator dari faktor-faktor yang dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang 2) Mengeksplorasi faktor-faktor yang dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang 3) Mengetahui faktor yang dominan dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi terhingga (finite population) dengan jumlah sebanyak 1.555 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 orang yang digenapkan penulis menjadi 100 orang. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis faktor. Penelitian ini menggunakan 30 indikator yaitu pelayanan lembaga yang cepat pelayanan lembaga yang mudah pelayanan lembaga sesuai harapan pelayanan lembaga yang konsisten pengelolaan lembaga yang profesional ketersediaan informasi yang lengkap nama lembaga yang terpercaya nama lembaga yang terkenal lokasi lembaga yang mudah dijangkau lokasi lembaga yang strategis fasilitas lembaga yang memadai rahasia muzakki terjamin pegawai yang handal pegawai yang ramah pegawai yang sopan program lembaga yang beragam distribusi zakat yang luas layanan jemput zakat banyaknya mitra kerja lembaga perhatian lembaga secara personal transparansi pengelolaan program baik transparansi laporan keuangan jelas promosi lembaga dorongan keluarga dorongan teman kemudahan transaksi zakat melalui rekening tanggapan kritik tanggapan saran suasana kantor nyaman dan suasana kantor islami. Indikator-indikator tersebut selanjutnya digunakan untuk menyusun kuesioner. ii Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Melalui teknik analisis statistik deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden menyatakan cukup setuju keputusan berzakatnya mempertimbangkan ketiga puluh indikator dalam penelitian ini 2) Dari hasil analisis faktor diperoleh 8 faktor yang menjadi pertimbangan muzakki dalam menyalurkan zakat yaitu faktor pelayanan tempat orang distribusi proses motivasi daya tanggap dan atmosfer 3) Dari delapan faktor yang terbentuk faktor orang merupakan faktor yang dominan dipertimbangkan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang. Saran yang dapat diberikan berdasarkan temuan penelitian adalah sebagai berikut 1) Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah Malang perlu meningkatkan kehandalan pegawainya dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keahlian (skill) pegawai 2) Yayasan perlu menjaga pelayanan yang baik kepada muzakki serta memaksimalkan ragam program lembaga dengan promosi yang lebih gencar misalnya melalui media televisi dan radio sebagai daya tarik bagi calon muzakki dan pembeda dengan lembaga zakat lainnya 3) Usaha untuk mengembangkan lembaga perlu dilakukan agar wilayah jangkauan penghimpunan dan penyaluran zakat menjadi semakin luas 4) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan metode dan analisis yang sama di lembaga zakat lainnya atau melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan analisis yang berbeda misalnya meneliti delapan faktor hasil penelitian ini terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item