Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada mahasiswa pengguna modem smrtfren Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2011/2012) / Bayu Jaya Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada mahasiswa pengguna modem smrtfren Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2011/2012) / Bayu Jaya Puspita

Puspita, Bayu Jaya (2012) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada mahasiswa pengguna modem smrtfren Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2011/2012) / Bayu Jaya Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kualitas Produk Kepuasan Konsumen Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Perusahaan harus mampu memberikan produk yang baik dan berkualitas kepada konsumen. Kualitas produk yang baik akan dapat memberikan nilai lebih kepada perusahaan dan bisa memenuhi harapan konsumen. Dengan adanya hal tersebut diharapkan akan menciptakan kepuasan konsumen terhadap sebuah produk yang dihasilkan perusahaan. Salah satunya adalah modem Smartfren yaitu sebuah alat yang mampu menghasilkan sinyal digital agar pengguna dapat mengakses internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengaruh secara parsial dan simultan serta variabel paling dominan dari kualitas produk yang meliputi kinerja keistimewaan kehandalan dan persepsi kualitas terhadap kepuasan konsumen Mahasiswa pengguna modem Smartfren di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Selain itu populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna modem Smartfren di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011/2012 yaitu berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau sensus yaitu menggunakan semua populasi untuk dijadikan sampel. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda diketahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara variabel kinerja keistimewaan dan persepsi kualitas terhadap kepuasan konsumen modem Smartfren sedangkan variabel keandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen modem Smartfren. (2) Kualitas produk (kinerja keistimewaan keandalan dan persepsi kualitas) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. (3) Kualitas produk (kinerja keistimewaan keandalan dan persepsi kualitas) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 68 6%% sedangkan sebesar 31 4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. (4) Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen mahasiswa penggguna modem Smartfren adalah variabel persepsi kualitas. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Produsen modem Smartfren mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan baik sesuai dengan ii kebutuhan konsumen serta perlu lebih memperhatikan variabel keandalan agar kualitas produk yang dihasilkan lebih baik sehingga kepuasan konsumen dapat tercapai. (2) Produsen modem Smartfren dapat lebih meningkatkan Persepsi Kualitas modem Smartfren untuk menumbuhkan dan mempertahankan Kepuasan Konsumen baik sebelum saat dipakai dan sesudah dipakai. (3) Bagi peneliti di selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan variabel lain dari kualitas produk seperti kesesuaian spesifikasi kemampulayanan estetika dan variabel-variabel lain sesuai dengan yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31333

Actions (login required)

View Item View Item