Pengaruh brand equity terhadap kepuasan pembelian (studi pada konsumen handphone merek Nokia di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar) / Yanik Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand equity terhadap kepuasan pembelian (studi pada konsumen handphone merek Nokia di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar) / Yanik Megawati

Megawati, Yanik (2012) Pengaruh brand equity terhadap kepuasan pembelian (studi pada konsumen handphone merek Nokia di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar) / Yanik Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Brand Equity Kepuasan Pembelian Fenomena dan dinamika persaingan bisnis di era global sekarang ini semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi dan merebut pangsa pasar (market share). Salah satu cara untuk mencapai keadaan tersebut adalah dengan merek (brand) yang dewasa ini telah berkembang menjadi aset terbesar bagi perusahaan tidak terkeculai bagi perusahaan penyedia handphone. Nokia sebagai penyedia handphone dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia menarik untuk diteliti tentang bagaimana elemen-elemen ekuitas merek benar-benar menjadi sumber kekuatan bagi Nokia dalam memberikan kepuasan pembelian bagi konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi persepsi variabel independen brand equity kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) dan variabel dependen kepuasan pembelian (Y) dalam menggunakan produk handphone merek Nokia. Mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari brand equity terhadap kepuasan pembelian serta untuk mengetahui variabel ekuitas merek mana yang memiliki pengaruh dominan dalam mempengaruhi kepuasan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar pengguna handphone merek Nokia. Sampel yang diambil sebanyak 127 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS for Windows Version 18. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian (Y) handphone merek Nokia baik secara parsial maupun secara simultan. Jika diurutkan berdasarkan kontribusinya maka pengaruh terbesar disumbangkan oleh loyalitas merek (X4) diikuti oleh persepsi kualitas (X3) kesadaran merek (X1) dan terakhir asosiasi merek (X2). Saran yang diberikan untuk perusahaan adalah Nokia Corp. perlu meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas iklannya baik melalui media cetak maupun elektronik sehingga konsumen lebih mengenal produk handphone Nokia yang kemudian akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Nokia tersebut yang pada akhirnya akan menciptakan loyalitas yang tinggi akan produk. Semakin tinggi persepsi konsumen atas ekuitas merek handphone Nokia baik kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek akan semakin mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31331

Actions (login required)

View Item View Item