Pengaruh komunikasi interpersonal dan internal locus of control terhadap kinerja karyawan melalui stres kerja (studi pada karyawan PT. PLN Persero APJ Malang) / Ayu Angelita Chairul Putri

Putri, Ayu Angelita Chairul (2012) Pengaruh komunikasi interpersonal dan internal locus of control terhadap kinerja karyawan melalui stres kerja (studi pada karyawan PT. PLN Persero APJ Malang) / Ayu Angelita Chairul Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Internal Locus of Control, Kinerja, Stres. Penelitian ini dilaksanakan di PT PLN (Persero). Subyek dalam penelitian ini adalah karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang yang berjumlah 72 orang, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 61 orang. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) yang aplikasi dari regresi berganda (multiple regression) dalam menguji hipotesis yang kompleks dan berguna untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel bebas terhadap suatu variabel terikat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui yaitu variabel bebas adalah Komunikasi Interpersonal (X1) dan Internal Locus of Control (X1), variabel intervening adalah Stres (Z), dan variabel terikat adalah Kinerja (Y). Pengambilan sampel penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan Proportionate Random Sampling dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji, untuk uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Hasil analisis didapat melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi Interpersonal berpengaruh negatif terhadap stres kerja karyawan (2) Internal Locus of Control berpengaruh negatif terhadap stres kerja karyawan (3) Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan (4) komunikasi interpersonal berpengaruh positif terhadap kinerja melalui stres kerja pada karyawan (5) Internal Locus of Control berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan (6) Internal Locus of Control berpengaruh positif terhadap kinerja melalui stres kerja pada karyawan (7) Stres Kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Dalam meningkatkan komunikasi interpersonal yang baik antar karyawan maka sebaiknya perusahaan mengadakan gathering bersama setiap akhir semester. Diharapkan dengan cara seperti ini hubungan antar karyawan dapat menjadi lebih baik lagi satu dengan yang lain dan nantinya akan berdampak positif terhadap terciptanya proses komunikasi yang lancar dalam perusahaan. (2) Untuk menurunkan tingkat stres yang dapat terjadi pada karyawan, maka sebaiknya beban kerja juga disesuaikan dengan kemampuan dari karyawan itu sendiri. Mengingat bahwa kemampuan dan keterampilan antara individu satu dengan yang lain berbeda. (3) Untuk meningkatkan kinerja yang baik maka pihak perusahaan hendaknya dapat memberikan suatu penghargaan tertentu pada karyawan yang memiliki kinerja yang sangat baik. Misalnya pemilihan karyawan teladan setiap akhir semester, mengingat bahwa penilaian kinerja karyawan ditentukan tiap semester yaitu tiap 6 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item