Pengembangan modul gerak dalam kehidupan kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa / Naufal Taufiqur Rochman</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul gerak dalam kehidupan kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa / Naufal Taufiqur Rochman</p>

Rochman, Naufal Taufiqur (2023) Pengembangan modul gerak dalam kehidupan kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa / Naufal Taufiqur Rochman</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berkualitas sangat diperlukan karena dapat membawa kemajuan pada suatu bangsa. Pendidikan berkualitas dapat terbentuk dari pembelajaran implementasi kurikulum merdeka yang memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memaksimalkan potensi kognitif psikomotorik dan afektif. Namun pendidikan berkualitas saat ini masih belum merata pada semua sekolah salah satunya di SMP An-Nahdloh dikarenakan kurangnya bahan ajar modul yang memfasilitasi aspek kognitif psikomotorik dan afektif siswa khususnya pada pelajaran IPA. Salah satu hasil belajar IPA yang perlu ditingkatkan adalah Gerak dalam Kehidupan. Oleh sebab itulah tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul kurikulum merdeka materi gerak dalam kehidupan dengan untuk meningkatkan pendidikan berkualitas. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Data penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui implementasi modul kurikulum merdeka materi gerak dalam kehidupan. Hasil validasi media 93 75% (sangat valid) validasi materi 92 86% (sangat valid) kebenaran konsep 100% (sangat valid) butir soal 93 31% (sangat valid) uji kepraktisan modul oleh guru 93 75% (sangat praktis) uji keterbacaan modul oleh siswa 89 45% (sangat praktis). Hasil uji keefektifan modul dari hasil pretest dan posttest diuji t menunjukkan taraf signifikansi 0 00 lt 0 05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Data implementasi modul menunjukkan hasil n-gain score sebesar 0 46 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan data yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa modul kurikulum merdeka pada materi gerak dalam kehidupan sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pendidikan berkualitas karena dapat memfasilitasi aspek kognitif psikomotorik dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313249

Actions (login required)

View Item View Item