Pengembangan lkpd berbasis pbl pada topik sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas viii / Laras Widoretno Nugrahaning Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd berbasis pbl pada topik sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas viii / Laras Widoretno Nugrahaning Prasetyo

Prasetyo, Laras Widoretno Nugrahaning Prasetyo (2024) Pengembangan lkpd berbasis pbl pada topik sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas viii / Laras Widoretno Nugrahaning Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Target pembelajaran bisa terlaksana jika pelajar rajin dalam aktivitas pembelajaran. Keaktifan pelajar bisa dinilai melalui keterlibatannya dalam kelompok belajar tanggung jawab cara ia mengemukakan pendapat. Oleh sebab itu perlu bahan ajar berbasis permasalahan untuk melatih keterampilan berpikir siswa dan supaya pelajar aktif dalam aktivitas pembelajaran. Target pada penelitian ini yaitu mengembangkan produk lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi sistem peredaran darah manusia menguji validitas produk dan kepraktisan produk. Mekanisme yang digunakan dalam penelitian ini yakni Research and Development. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan responden siswa SMP VIII (n 130) dan guru mata pelajaran IPA (n 6) untuk validasi praktisi dan uji keterbacaan. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi oleh penilaian kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning oleh ahli materi ahli media ahli praktisi dan uji keterbacaan siswa. Perangkat ajar yang dikembangkan peneliti terdapat persoalan faktual dalam aktivitas sehari ndash hari sehingga mudah dipahami oleh pelajar dan didukung oleh video serta artikel untuk memahami materi. Analisis data menunjukkan bahwa (1) tolak ukur penilaian berdasarkan ahli materi menunjukkan kategori valid dengan rerata 80 83% (2) dinyatakan sangat valid dibuktikan oleh rerata 90% untuk penilaian ahli media (3) respon pelajar akan LKPD sangat baik dibuktikan dengan rerata 95 37% (4) berdasarkan uji ahli praktisi dikatakan sangat valid dengan rerata 94 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313238

Actions (login required)

View Item View Item