Simanjuntak, Lidya Amelia Simanjuntak (2024) Pengaruh penerapan model team games tournament (tgt) berbantuan e-flashcard pada pembelajaran discovery learning untuk materi zat aditif terhadap motivasi belajar siswa smp / LIDYA AMELIA SIMANJUNTAK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya menghadapi perkembangan teknologi pada pembelajaran yang belum didukung oleh media pembelajaran yang tepat menyebabkan kurangnya motivasi belajar IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan guna memperoleh data mengenai pengaruh dari menerapkan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan E-Flashcard pada pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa SMP dalam materi zat aditif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri di Kabupaten Malang dengan menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen semu. Kelas VIII B menjadi sampel eksperimen sedangkan kelas VIII E sebagai sampel kontrol dengan populasi dari kedua kelas sama yaitu sebanyak 31 siswa. Motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh adanya model pembelajaran TGT. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai Sig. (2-Tailed) yakni 0 000 lt 0 05 mengindikasikan ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Demikian bisa diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sejalan dengan hasil perhitungan melalui uji Independent Samples T-test. Temuan ini menegaskan bahwa pelaksanaan model pembelajaran TGT yang terintegrasi Discovery Learning mempunyai pengaruh signifikan pada motivasi belajar siswa SMP dalam pelajaran IPA. Maka bisa disimpulkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran TGT berbantuan E-Flashcard pada pembelajaran Discovery Learning memberi pengaruh positif pada motivasi belajar siswa SMP dalam materi zat aditif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |