Pengembangan e-modul flipbook terintegrasi problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii materi hukum newton / Nova Yuliana Maris - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul flipbook terintegrasi problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii materi hukum newton / Nova Yuliana Maris

Maris, Nova Yuliana Maris (2024) Pengembangan e-modul flipbook terintegrasi problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii materi hukum newton / Nova Yuliana Maris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan saat ini menuntut lembaga pendidikan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi problem solver yang tangguh. Hal ini penting karena di masa depan semakin banyak jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja handal yang mampu berpikir kritis. Pembelajaran IPA di sekolah belum secara optimal mendorong kemampuan berpikir kritis yang mudah diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Dengan demikian perlu dikembangkan modul elektronik dalam upaya keterampilan berpikir kritis meningkat yang dipadukan dengan pembelajaran berbasis masalah yang mencakup materi hukum Newton. Tujuan penelitian ini yakni mengembangkan e-modul terintegrasi PBL dalam upaya memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII materi Hukum Newton yang valid dan layak. Jenis penelitian yang digunakan yakni R amp D (research and development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis desain pengembangan implementasi evaluasi). Adapun Subyek penelitian yakni dosen ahli materi dosen ahli media guru mata pelajaran IPA serta siswa kelas VII. Hasil yang diperoleh pada pengembangan ini adalah berupa e-modul terintegrasi PBL untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi Hukum Newton yang valid dan layak untuk digunakan. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan mengimplementasikan e-modul terintegrasi PBL yang telah dikembangkan untuk melihat keefektifan penggunaan e-modul terintegrasi PBL dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313209

Actions (login required)

View Item View Item