Ma'rifah, Winda Ashnaful (2023) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa / Winda Ashnaful Ma\'rifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya perkembangan IPTEK abad-21 menuntut manusia memiliki kecakapan untuk berpikir secara kritis dan memecahkan permasalahan. Berpikir kritis memiliki urgensi tinggi dengan kognitf karena dapat membangun pemahaman dan mengembangkan keterampilan analitis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning (PBL) terintegrasi number head together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia. Penggunaan metode pada penelitian ini melalui teknik kuantitatif dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan adalah modul ajar kurikulum merdeka LKPD dan soal tes. Ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia merupakan materi yang dipilih untuk penelitian inikarena memiliki kaitan yang cukup erat dengan masalah konkret di lingkungan sekitar. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif melalui independent sample t-test dan korelasi-regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) dibandingkan dengan PBL model PBL terintegrasi NHT secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia (2) hasil belajar kognitif siswa baik kelompok PBL maupun kelompok PBL NHT dipengaruhi secara signifikan oleh keterampilan berpikir kritis (3) Melalui uji korelasi diketahui terdapat hubungan ke arah positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar kognitif dan melalui uji regresi diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |