Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian rokok merek Gudang Garam Surya Profesional Mild (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mochammad Ikhwanuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian rokok merek Gudang Garam Surya Profesional Mild (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mochammad Ikhwanuddin

Ikhwanuddin, Mochammad (2012) Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian rokok merek Gudang Garam Surya Profesional Mild (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mochammad Ikhwanuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Atribut Produk Keputusan Pembelian Sebuah perusahaan dalam memproduksi produk mempunyai tujuan agar produk yang dihasilkan dapat terjual di pasar selain itu harus mampu mengembangkan produk yang mencakup manfaat yang akan disampaikan kepada konsumen. Manfaat ini dapat dikomunikasikan melalui atribut produk. Dimana atribut-atribut yang melekat pada produk sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen bahwa semakin lengkap menarik dan mengesankan atribut sebuah produk tersebut semakin besar pula peluang produk tersebut untuk diminati konsumen dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi atribut produk (2) Pengaruh atribut produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian (3) Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah merek (X1) kemasan (X2) harga (X3) dan kualitas produk (X4). Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu pada bulan April 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang merokok Gudang Garam Surya Professional Mild. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Angket dalam penelitian ini termasuk dalam kuisioner tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 100 responden dari populasi sebanyak 133 mahasiswa. Hasil tersebut dihitung dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for Windows versi 17.0. Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa (1) Pada variabel merek sebagian besar responden menyatakan setuju atas pembentukan merek oleh PT Gudang Garam (2) Pada variabel kemasan sebagian besar responden menyatakan setuju atas proses pengemasan oleh PT Gudang Garam (3) Pada variabel harga sebagian besar responden menyatakan setuju atas penetapan harga oleh PT Gudang Garam (4) Pada variabel kualitas produk sebagian besar responden menyatakan setuju atas kualitas produk yang dihasilkan oleh PT Gudang Garam. Sebagai kesimpulan analisis deskriptif atas menunjukkan bahwa atribut produk memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian. Di sisi lain hasil analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa (1) Atribut produk yang terdiri dari variabel merek dan variabel kemasan secara parsial berpengaruh positif atau signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel harga dan variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh negatif atau signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada atribut produk yang terdiri dari merek kemasan harga kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian (3) Pada variabel atribut produk meliputi merek kemasan harga kualitas produk variabel kemasan memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Deskripsi atribut produk pada PT Gudang Garam Tbk. yang memproduksi rokok Gudang Garam Surya Professional Mild responden menyatakan setuju atas atribut produk yang tertanam pada rokok tersebut (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel merek dan kemasan serta terdapat pengaruh negatif dan signifikan pada variabel harga dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian (4) Jika dibandingkan dengan sub variabel merek harga dan kualitas produk sub variabel kemasan memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rokok Gudang Garam Surya Professional Mild pada mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Terakhir tetapi tidak sedikit saran yang dapat diberikan adalah (1) Dalam mengaplikasikan atribut produk yang dihasilkan oleh PT Gudang Garam Tbk. sebaiknya perlu dipertimbangkan dan ditingkatkan pada penetapan harga yang sesuai dengan harapan konsumen dan kualitas dari produk supaya mengurangi rasa manis yang tajam agar dapat menghasilkan produk yang benar-benar disukai oleh konsumen (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memakai variabel harga dan kualitas produk pada penelitian selanjutnya selain produk atau objek penelitian ini agar diperoleh pengaruh variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item View Item