Pengembangan media pembelajaran berbasis games uno stacko terintegrasi qr code pada materi sistem pernapasan manusia dalam meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII / Tesalonika Diahayu Yunimuninggar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis games uno stacko terintegrasi qr code pada materi sistem pernapasan manusia dalam meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII / Tesalonika Diahayu Yunimuninggar</p>

Yunimuninggar, Tesalonika Diahayu (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis games uno stacko terintegrasi qr code pada materi sistem pernapasan manusia dalam meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII / Tesalonika Diahayu Yunimuninggar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat dan pemahaman konsep menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Minat dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis permainan menjadi media yang mampu meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa secara efektif. Melalui penerapan media permainan pembelajaran yang tercipta menjadi menyenangkan tidak monoton dan membuat suasana belajar menjadi lebih hidup karena keterlibatan siswa menjadi aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan mengadopsi model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan Uno Stacko dengan fokus materi Sistem Pernapasan yang terintegrasi QR Code. Uji efektivitas media pembelajaran menggunakan desain quasi eksperimen. Pengujian media menggunakan tiga kelas yang terdiri dari kelas uji coba dengan jumlah subjek sebanyak 25 siswa serta kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian minat belajar siswa dengan media pembelajaran Uno Stacko Sistem Pernapasan disertai dengan penjelasan lanjut oleh guru dengan metode ceramah berbeda secara signifikan dengan minat belajar siswa yang hanya menggunakan metode ceramah. Penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dilihat dari hasil persentase rata-rata kelas eksperimen 81% yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 76%. Selain itu hasil peningkatan pemahaman konsep pada penerapan media Uno Stacko mendapatkan rerata N-gain 0 32 dengan kategori ldquo Sedang rdquo dengan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rerata N-Gain kelas kontrol yaitu 0 28 dengan kategori ldquo Rendah rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313198

Actions (login required)

View Item View Item