Zahro, Shintia Ani Fatimatus Zahro (2023) Pengembangan edukit terintegrasi pjbl-stream pada topik pemanasan global untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Shintia Ani Fatimatus Zahro</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurangnya media pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadikan siswa pasif dan berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritisnya. Siswa harus memiliki keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi tantangan pendidikan pada abad 21 ini. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Edukit terintegrasi PjBL-STREAM pada topik pemanasan global yang valid praktis dan efektif. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE dengan 5 tahapan yaitu 1) Analyze 2) Design 3) Develop 4) Implement dan 5) Evaluate. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik strudi literatur wawancara angket dan tes. Diperoleh data kualitatif dari wawancara saran dan komentar validator guru dan siswa yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui penilaian validasi ahli media dan materi kepraktisan guru dan siswa serta nilai pretest amp posttest yang dianalisis menggunakan software IBM SPSS dan teknik analisis persentase. Hasil validasi media memperoleh 78 5% dan validasi materi 85 5% dengan kriteria valid dan sangat valid. Hasil kepraktisan guru dan siswa masing-masing sebesar 96% dan 83% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji N-gain tertinggi dan terendah masing-msing pada indikator inferensi sebesar 0 75 dan indikator ekplanasi sebesar 0 27 dengan kriteria tinggi dan rendah. Dapat disimpulkan Edukit terintegrasi PjBL-STREAM valid praktis dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |