Pengembangan e-modul berbasis masalah materi sistem pencernaan untuk memfasilitasi literasi saintifik siswa SMP kelas viii / Meilia Rizki Candra Devi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis masalah materi sistem pencernaan untuk memfasilitasi literasi saintifik siswa SMP kelas viii / Meilia Rizki Candra Devi</p>

Devi, Meilia Rizki Candra (2023) Pengembangan e-modul berbasis masalah materi sistem pencernaan untuk memfasilitasi literasi saintifik siswa SMP kelas viii / Meilia Rizki Candra Devi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran jarak jauh atau daring mendorong para pendidik untuk kreatif dan berinovasi dalam mewujudkan pembelajaran yang mandiri bagi peserta didik namun guru tetap tidak kehilangan perannya. Pembelajaran daring memaksa kondisi pembelajaran yang tidak serta merta guru mendampingi peserta didik. Belajar secara mandiri dapat didukung dengan adanya bahan ajar yang inovatif. Kemampuan literasi saintifik dalam mendalami isu ilmiah dalam kehidupan serta kemampuan menyelesaikan masalah berdasarkan konsep ilmiah merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan pada abad ke ndash 21 saat ini. Diperlukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas yang mampu mendukung peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan literasi saintifik peserta didik adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengembangkan produk bahan aj ar berupa e modul yang mampu memfasilitasi peningkatan kemampuan literasi saintifik peserta didik khususnya siswa kelas VIII SMP/MTs. Pengembangan e modul menggunakan metode penelitian R amp D dengan prosedur pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui uji validasi oleh ahli beberapa ahli diperoleh persentase rata ndash rata sebesar 82.1%. Sedangkan melalui uji keterbacaan peserta didik diperoleh persentase sebesar 80.6%. Serta melalui uji kepraktisan oleh guru diperoleh persentase sebesar 70.1%. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan rangkaian pengujian yang telah dilakukan e modul yang dikembangkan Sangat Baik (SB) sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mampu memfasilitasi peningkatan kemampuan literasi saintifik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 06:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313194

Actions (login required)

View Item View Item