Analisis fasilitasi kompetensi literasi saintifik pada buku ajar ipa smp topik tanah dan keberlangsungan hidup / Cherry Salmaliana Lucky - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis fasilitasi kompetensi literasi saintifik pada buku ajar ipa smp topik tanah dan keberlangsungan hidup / Cherry Salmaliana Lucky

Lucky, Cherry Salmaliana Lucky (2024) Analisis fasilitasi kompetensi literasi saintifik pada buku ajar ipa smp topik tanah dan keberlangsungan hidup / Cherry Salmaliana Lucky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar IPA SMP Kelas IX materi tanah dan keberlangsungan hidup berdasarkan aspek kompetensi literasi saintifik. Aspek kompetensi literasi saintifik yang digunakan yaitu (1) menjelaskan fenomena secara saintifik (2) mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah dan (3) menginterpretasi dan membuktikan data secara saintifik. Objek penelitian yang digunakan 4 buku dengan penerbit yang berbeda yaitu buku siswa IPA penerbit Kemendikbud Erlangga Yrama Widya Bumi Aksara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berisi deskripsi dari objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat buku yang telah dianalisis sudah mengacu atau sesuai dengan kompetensi literasi saintifik yang dikeluarkan oleh PISA 2018 walaupun masih belum maksimal. Hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa sebanyak 3 buku mendapatkan persentase rata-rata kemunculan literasi saintifik dengan kategori cukup baik yaitu buku Kemendikbud dengan hasil 47 28% buku Yrama Widya sebesar 41 33% dan buku Bumi Aksara sebesar 45 56%. Sedangkan pada buku Erlangga mendapatkan nilai 37 78% dengan kategori kurang baik dalam memfasilitasi literasi saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313185

Actions (login required)

View Item View Item